Masak Pintar Aneka Olahan Dari Susu

Keluarga Anda penggemar berat masakan berbahan dasar susu? Anda harus tahu, dalam mengolahnya dibutuhkan perlakuan khusus lho. Menurut Reinhart Poli,   jika tidak dimasak dengan matang susu akan cepat basi. Namun, jika terlalu lama memasaknya maka kandungan vitaminnya akan hilang dan mengental. Lalu bagaimana cara pintar untuk memasaknya? Yuk ikuti tips yang berikut ini.

Pemilihan susu

Pastikan Anda membeli susu pasteurisasi atau UHT yang dapat lebih tahan lama bertahan tanpa disimpan dalam lemari pendingin. Susu pasteurisasi telah mengalami proses pengolahan susu dengan cara pemanasan untuk mempertahankan mutu dan keamanan susu. Dalam proses ini terjadi pembasmian bakteri patogen yang mungkin masih terdapat dalam air susu. Itulah mengapa susu ini dapat bertahan lebih lama, karena bebas dari bakteri dan mutunya terjamin.

Cara menyimpan

Apapun jenis susu yang Anda gunakan, simpan dalam lemari pendingin  dan dalam keadaan tertutup rapat. Hal ini dilakukan agar susu tidak menyerap aroma bahan makanan  lain yang ada didekatnya. Jika hal ini terjadi, akan membuat susu cepat basi. Selain itu, pastikan wadah untuk menyimpan susu dalam keadaan bersih dan steril dari kuman agar bakteri dalam wadah tidak berpindah ke susu.

Cara mengolah

Saat ingin memanaskan susu, usahakan menggunakan panci baja stainless dan segera matikan kompor sewaktu susu mendidih agar tidak pecah dan meluap keluar. Selain itu, jangan melakukan pemanasan susu secara berulang-ulang karena akan mengurangi kandungan nutrisi dan kebaikan di dalamnya.

Itulah tips untuk membeli, menyimpan dan mengolah susu dengan tepat. Silahkan dipraktikkan di rumah ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait