Mau Mulai Olahraga, Ikuti Tips Olahraga Berikut ini

Ketika Ibu melakukan pemeriksaan kesehatan rutin, biasanya dokter akan menanyakan apakah Ibu mempunyai keluhan. Jawaban yang paling umum diberikan biasanya pusing, pegal, mudah letih atau masalah berat badan. Tahukah Ibu, kebanyakan keluhan yang kita rasakan sehari-hari bisa dikurangi dengan menjaga asupan nutrisi dan rutin berolahraga. Olahraga rutin tidak sulit dilakukan kok, Bu. Yang sulit biasanya adalah memulainya. Nah, bagaimana sih cara supaya dapat rutin berolahraga? Yuk, simak tips olahraga bagi pemula berikut ini.

 

  1. Temukan motivasi berolahraga
  • Menentukan target dapat menjadi motivasi yang baik untuk berolahraga. Tentukan target yang realistis agar motivasi Ibu kuat. Misalnya, turun berat badan 5kg dalam 4-6 bulan, berolahraga 2-3 kali seminggu selama 15-30 menit, dan sebagainya. Menjadikan kesehatan tubuh sebagai motivasi tentu adalah yang paling baik.
  • Fokuslah pada diri sendiri, bukan orang lain. Jika Ibu mengikuti kelas olahraga, akan selalu ada orang lain yang terlihat lebih baik kemajuannya daripada Ibu. Jangan bandingkan diri Ibu dalam hal kemampuan melakukan olahraga dan dalam hal berat badan. Ibu hanya perlu fokus pada tujuan Ibu berolahraga dan kemajuan yang Ibu capai.
  • Manfaatkan berbagai aplikasi untuk membuat catatan berolahraga. Keuntungan lainnya, Ibu dapat terus memantau kondisi tubuh Ibu saat berolahraga, seperti detak jantung Ibu.
  • Berolahraga bersama teman atau pasangan dapat membuat Ibu semakin semangat berolahraga, lho. Namun, tetap fokus pada kemampuan dan tujuan diri sendiri.
  • Pilih olahraga yang Ibu suka. Melakukan olahraga yang Ibu suka akan membuat Ibu lebih bersemangat. Cobalah berbagai olahraga untuk dapat menemukan yang paling Ibu suka. Jika lebih suka olahraga sendiri, Ibu bisa melakukan olahraga lari, renang atau ke gym. Jika senang olahraga dengan musik, Ibu bisa mencoba zumba atau pound fit. Jika senang yang lebih low impact, Ibu bisa mencoba yoga atau pilates.
  • Berolahraga tidak harus di gym atau mengikuti kelas kok, Bu. Ibu dapat melakukannya sendiri di rumah dengan mengikuti panduan dari artikel atau video di Youtube.
  • Jangan mengharapkan hasil instan dan beri hadiah bagi diri sendiri jika Ibu mencapai target. Misalnya, membeli baju olahraga baru.

 

  1. Dengarkan apa kata tubuh Ibu
  • Melakukan pemeriksaan kesehatan dapat memberikan gambaran yang pasti mengenai tubuh Ibu, sehingga Ibu tahu olahraga apa yang sesuai untuk tubuh Ibu.
  • Mulai secara perlahan agar tubuh tidak ‘kaget’. Kenali tanda-tanda yang ditunjukkan tubuh dan berhenti jika perlu. Jangan memaksakan diri pada saat awal berolahraga.
  • Pastikan tubuh mendapat cairan yang cukup selama berolahraga.
  • Pastikan asupan nutrisi selalu terpenuhi dengan baik untuk mendukung olahraga yang Ibu lakukan.
  • Lakukan pemanasan untuk mencegah cedera dan lakukan pendinginan untuk membantu tubuh kembali ke kondisi normal dengan baik.

Semoga tips olahraga di atas dapat membantu Ibu mulai rutin berolahraga agar dapat menjaga kesehatan. Jangan lupa mengajak si Kecil dan Ayah juga ya Bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait