Melawan Rasa Takut Berolahraga

Percaya atau tidak, beberapa orang ada yang menghentikan jadwal berolahraganya karena memiliki ketakutan-ketakutan tertentu. Mulai dari takut berkeringat hingga takut cedera.

Ketakutan itu tertangkap dengan jelas oleh para instruktur senam, salah satunya adalah Barbara Russi Sarnataro. Tapi bagi Sarnataro, itu hanyalah “trik” untuk menghentikan langkah kaki ke tempat olahraga. “Mari diskusikan, apa yang menjadi ketakutan kebanyakan orang dan bagaimana itu terdengar mengada-ada.”

Takut Cedera
Ini adalah rasa takut yang juga kadang kala menyelinap di kepala para atlet. Itu mengapa, meminta panduan instruktur setiap kali melakukan gerakan baru adalah kewajiban. Dan ingatlah olahraga tidak dilakukan untuk menunjukkan seberapa kuat kita, tapi seberapa rileks otot-otot tubuh dapat menikmatinya.

Takut Linu
Badan yang tidak lama berolahraga, akan mengalami rasa linu karena otot yang sudah terlalu kaku. Oleh karena itu bagi pemula, awali gerakan olahraga yang ringan saja. Tidak perlu memancing jantung dan otot bekerja berlebihan, di hari pertama berolahraga. Jika dibiarkan terus menerus akan membuat olahraga tidak menyenangkan. Jadi tentukan tingkatan berolahraga sesuai dengan kemampuan tubuh.

Takut Berkeringat
Ini adalah ketakutan yang paling mengada-ada tapi paling sering terjadi. Namun Sarnataro menemukan cara untuk mengatasinya, “Pilihlah bahan yang lembut dan mudah menyerap keringat.”  Umumnya merek yang khusus mengeluarkan perlengkapan olahraga telah menyediakan baju olahraga yang enak digunakan selama aktivitas tersebut berlangsung.

Share artikel ini:

Artikel Terkait