©shutterstock

Melihat Lebih Khasiat Pala

Tak hanya di Indonesia, pala juga terkenal di seluruh dunia. Rempah-rempah ini biasa ditambahkan dalam berbagai macam masakan untuk menambah kelezatannya. Tapi, tahu tidak, ternyata pala juga punya banyak manfaat sehat lho. Apa saja ya kira-kira? Yuk cari tahu!

Meningkatkan Kinerja Otak

Sejak jaman kuno, mulai dari Romawi hingga peradaban Yunani, pala telah digunakan sebagai obat untuk meningkatkan kinerja otak. Dilansir dari situs kesehatan Fitday, pala sangat efektif untuk mengusir penat yang menyelimuti pikiran Anda dan meredakan depresi. Mengonsumsi pala secara rutin juga bisa meningkatkan konsentrasi sehingga Anda bisa lebih fokus saat bekerja.

Meredakan Gangguan Otot

Sering mengalami nyeri sendi dan nyeri otot? Segera atasi dengan pala. Dalam pengobatan China Kuno, pala adalah obat tradisional yang bagus dalam menyembuhkan nyeri yang Anda rasakan. Oleskan minyak pala ke bagian yang  terasa sakit. Lakukan setidaknya 3 kali dalam sehari agar nyeri cepat hilang dan bisa kembali beraktivitas dengan lancar.

Mengobati Gangguan Pencernaan

 Salah makan bisa membuat Anda mengalami gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, dan perut kembung. Ketika apotek sudah tutup dan bingung cari obat ke mana, manfaatkan saja minyak pala. Rempah-rempah ini akan membantu meredakan sakit perut dan mengusir kelebihan gas di usus. Hebatnya lagi, pala juga bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan si Kecil lho!

Mengusir Bau Mulut

Pala punya sifat anti-bakteri sehingga ampuh dalam mengusir segala macam bau yang bersarang di mulut. Biasanya bau mulut disebabkan oleh penumpukan bakteri, jadi untuk membersihkannya dibutuhkan zat yang bisa membunuhnya. Selain bau mulut, gusi bengkak dan sakit gigi juga bisa disembuhkan oleh pala. Cukup oleskan minyak pala murni ke bagian yang sakit. Lakukan secara rutin agar mulut kembali segar dan sehat.

Bagus Untuk Kulit

Scrub pala akan membuat kulit Anda tambah halus dan sehat. Fitday menjelaskan kalau ramuan scrub pala yang dicampurkan dengan ekstrak jeruk akan membantu mengusir komedo, jerawat, serta membersihkan pori-pori dari berbagai macam kotoran dan kulit mati.

Menarik ya? Ternyata bahan dapur juga bisa mendukung kesehatan serta membuat kulit makin cantik. Yuk segera tambahkan pala dalam masakan Anda! Semoga informasinya bisa membantu ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait