Memasak Jamur Yang Enak

Memiliki rasa seperti daging ayam, kenyal bila dikunyah dan tampak menggoda saat dihidangkan. Ciri-ciri semacam ini memang sangat tepat untuk menggambarkan jamur. Tanaman yang satu ini memang memiliki keunikan rasa tersendiri. Terlebih jika pengolahannya tepat, jamur kian menjadi hidangan yang tak boleh terlewatkan untuk disantap. Bagi Anda yang ingin memasak jamur menjadi hidangan yang enak, Budi Utomo, S.Pd, salah seorang kontributor Nestle, memberikan kiatnya di bawah ini.

Simpan dalam kulkas
Jamur segar memiliki kandungan yang cukup tinggi, sehingga akan membuat tekturnya mudah rusak. Apalagi ketika Anda tidak segera mengolahnya, jamur akan lembek dan membusuk. Sebaiknya, masukkan jamur ke dalam kulkas bilamana Anda tidak segera memasaknya. Langkah ini akan membuat jamur tetap segar sampai Anda benar-benar siap untuk mengolahnya.

Cuci sampai bersih
Bila Anda sudah siap untuk memasaknya, cuci terlebih dahulu jamur tersebut hingga bersih. Kondisi lingkungan tempat tumbuhnya jamur yang berada di tanah dan kayu, membuat tanaman ini banyak mengandung kotoran. Maka dari itu, Anda perlu mencucinya sampai bersih agar kualitas rasa dan aroma jamur saat diolah menjadi sangat lezat.

Iris atau potong kecil
Jamur memiliki tekstur yang mirip dengan daging, sehingga perlu diiris tipis-tipis atau dipotong kecil-kecil. Hal ini bertujuan agar bumbu yang ditambahkan saat memasak, benar-benar bisa meresap sempurna ke dalamnya. Anda bisa menggunakan teknik suir untuk jamur tiram dan potongan kecil untuk jamur kancing maupun kuping.

Jangan masak terlalu lama
Karena jamur banyak mengandung air, maka perhatikan waktu yang tepat saat memasaknya. Jangan sampai terlalu matang agar tekstur jamur tidak menjadi keras. Selain itu, memasak jamur yang terlalu matang juga akan membuat warnanya pucat dan kurang menarik. Volumenya pun akan mengecil, sebab jamur mengalami penyusutan akibat suhu yang panas.

Jangan tambahkan penyedap
Jamur memiliki kandungan glutamat yang dapat menghasilkan cairan mirip kaldu alami. Larutan kaldu ini memiliki aroma dan rasa yang sedap dan gurih, sehingga jika Anda tambahkan penyedap rasa tambahan akan menghilangkan rasa asli dari jamur itu sendiri.

Demikian cara mengolah jamur yang tepat. Jika Anda bisa menerapkannya dengan baik, bukan tidak mungkin masakan jamur Anda selezat hidangan restoran berbintang. Selamat mencoba.

Share artikel ini:

Artikel Terkait