@shutterstock

Membuat Brownies Sehat Minim Gula

Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini. Rasa manisnya yang memanjakan, membuat mulut tidak ingin berhenti menikmatinya. Namun, dalam pembuatannya bisa dibilang, brownies menggunakan banyak gula yang memiliki efek buruk bagi kesehatan. Memodifikasi resep akan membuat rasa brownies tidak seimbang, tetapi dengan cara yang tepat, hal itu bukanlah masalah.

Umumnya, satu resep brownies menggunakan 1 hingga 2 cangkir gula. Memotong ½ cangkir gula dari resep akan memotong 380 kalori dalam brownies tersebut. Gula membuat brownies menjadi ringan dan lembut. Jika anda menghilangkan gula dari resep, brownies akan datar dan kasar, untuk itu hilangkan saja 25 sampai 50 persen gula dari resep. Sebagai contoh, jika dalam satu resep brownies terdapat 1 cangkir gula yang harus ditambahkan, gunakan saja ¾ cangkir atau ½ cangkir gula sebagai gantinya.

Hilangkan putih telur dari resep untuk setiap ½ cangkir gula yang Anda kurangi. Putih telur akan membuat brownies menjadi kering ketika dipanggang. Misalnya saja, jika dalam resep menggunakan 2 putih telur, gunakan saja satu putih telur ditambah dengan kuning telur. Simpan putih telur untuk keperluan yang lainnya.

Brownies yang dibuat dengan sedikit gula akan memerlukan bahan tambahan lain untuk menggantikan rasa manisnya yang hilang. Buah kering adalah cara yang tepat untuk membuat brownies memiliki rasa manis meskipun tidak menambahkan gula. Pilih buah kering yang tidak mangandung gula ataupun pemanis tambahan agar gula tidak kembalii masuk kedalam resep. Untuk setiap ½ cangkir gula yang hilang, tambahkan ¼ cangkir buah kering. Buah kering tidak akan dibutuhkan jika brownies sudah menggunakan gula yang membuatnya terasa manis.

Pilihan lainnya, daripada mengurangi gula pada resep, lebih baik menggantinya dengan pemanis alternatif. Anda bisa menggunakan gula kering yang memang disediakan untuk membuat kue. Hal ini akan mengurangi penggunaan gula dalam resep tanpa mengubah rasa manisnya. Masukkan 2/3 cangkir gula sebagai pengganti 1 cangkir gula yang Anda hilangkan dari resep. Dengan begitu, brownies tidak akan memiliki rasa yang berbeda meskipun tidak menggunakan gula.

Share artikel ini:

Artikel Terkait