Tips Membuat Makanan Cepat Saji: Nugget

Anda sebagai orang tua pasti sudah sering mendengar sampai mengkonsumsi hidangan nugget. Satu hidangan yang mudah diterima banyak lidah dan disantap kapan saja, rasanya gurih, renyah dan dibuat dari berjenis daging. Untuk kepraktisan memang nugget siap saji dalam bentuk beku jadi pilihan mudah, tanpa harus banyak persiapan tinggal digoreng dan hup...kurang dari 5 menit siap disantap dihadapan. Aroma dan bentuk yang menggoda sekarang banyak tersedia ditoko swalayan.

Nugget sendiri pada perkembangannya jadi nama generik untuk  makanan gorengan dari bahan daging yang ditutupi tepung roti (panir). Jelas bukan hidangan asli lokal karena dulunya lebih mudah ditemui pada gerai hidangan cepat saji. Penyajian mudah, ditambah nasi atau kentang goreng dengan saus tomat dan sambal, ternyata cocok juga dengan lidah kita. Tapi kalau tiap kali harus membeli dan menyantapnya diresto, lama-lama bisa membebani anggaran belanja rumah Anda kan.

Lalu, apakah ada solusi untuk nugget rumahan, apa yang harus disiapkan agar rasa tetap seenak nugget diresto? Bagimana membuatnya dengan versi sehat dirumah juga tips lain, dapat Anda baca temui dibawah ini.

  • Kebanyakan nugget dibuat dari daging yang dihaluskan/dicincang. Selain mudah dibentuk, nantinya; penambahan bumbu lebih merata membuatnya gurih dibagian manapun bagian nugget digigit.
  • Selalu gunakan panci dengan ukuran yang sesuai dengan nugget yang akan digoreng karena metode memasak deep-fried mengharuskan seluruh bagian nugget terendam dalam minyak panas untuk kematangan yang sempurna selain garing.
  • Menggoreng dengan api yang tidak panas ataupun nugget yang sudah leleh karena terlalu lama diletakan dalam suhu ruang hanya membuat nugget menyerap banyak minyak dan lembek.
  • Tidak perlu menggoreng terlalu lama atau menunggu warna nugget berubah jadi kuning gelap atau coklat.
  • Tiriskan nugget setelah digoreng dengan kertas tissue untuk menyerap minyak goreng sehingga lebih terasa gurih dan dapat disimpan lebih lama.

Lalu bagaimana tips menyiapkan nugget a la rumahan?

  • Ada dua pilihan untuk memproses nugget yaitu dengan bahan daging cincang setelah melalui pengukusan baru dipanir dan digoreng. Satu lagi adalah menggunakan daging fillet yang langsung dapat dipanir lalu digoreng
  • Untuk fillet ikan (daging tanpa tulang/duri), potongan sebesar jari dapat dikukus dengan penambahan garam merica secukupnya. Hanya saja, Anda harrus hati-hati saat memproses nugget karena daging ikan lebih mudah patah.
  • Bumbu yang digunakan cukup garam dan merica. Jika Anda ingin bereksplorasi lebih jauh, bubuk pala, bumbu instan juga keju parut juga dapat ditambahkan.
  • Untuk rasa yang lebih baik, tepung roti untuk panir dapat juga ditambah bumbu sedikit, jadi selain bagian dalam nugget, dari gigitan awal rasa gurih sudah dapat ditemui.
  • Bahan nugget dari daging ayam cincang dapat diberi tambahan daging udang atau ebi yang dihaluskan untuk memberi rasa gurih asli dibanding hanya rasa asin garam.
  • Daging ayam giling kadang terlalu halus sehingga tekstur serat daging ayam matang hilang tertelan dalam adonan sehingga mirip tampilan sosis. Jika ingin mendapat potongan daging utuh, dapat ditambahkan fillet kedalam daging cincang untuk bahan nugget. Jangan lupa diberi bumbu ringan sebelum dicampurkan.
  • Potongan sayur seperi wortel, buncis ataupun kacang polong juga dapat memberi warna tambahan yang menyegarkan. Masak sayur setengah matang dan potong kecil2 sebelum dicampur kedalam adonan nugget.
  • Untuk mendapatkan lapisan panir yang merata. Gulirkan potongan nugget kedalam tepung terigu sebelum dicelup kedalam telur dan dipanir dengan tepung roti. Dengan proses ini, tepung roti tidak mudah lepas waktu digoreng.
  • Untuk menghemat waktu, nugget digoreng sesuai kebutuhan dan sisanya dapat disimpan dalam freezer kulkas dan dapat bertahan selama 7-10 hari didalam wadah tertutup kedap udara.
  • Nugget non daging dapat dibuat dari bahan tahu yang dihaluskan, dibuat adonan nugget dengan tepung sagu plus sedikit susu dan telur tentunya sebelum dikukus.

Kunci sukses dari membuat nugget lezat adalah kemahiran Anda meracik bumbu dan mencampurnya dalam adonan. Selamat mengolah dan menikmati nugget a la rumah yang tidak kalah juara dengan rasa restaurant cepat saji.

Share artikel ini:

Artikel Terkait