©shutterstock

Menabung Nutrisi Lewat Makanan Untuk Menjaga Tulang

Anak-anak yang sedang aktif bergerak dan dalam masa tumbuh kembangnya membutuhkan nutrisi yang cukup. Salah satu nutrisi yang penting dalam masa pertumbuhan adalah kalsium. Menurut dokter anak, Jane M. Benton, MD, MPH, mineral yang satu ini berperan penting dalam pembentukan tulang, perkembangan otot, dan menjaga kerja sistem saraf. Selain itu, asupan kalsium yang cukup membuat gigi si kecil lebih kuat dan terhindar dari pengeroposan.

Berbagai produk olahan susu dikenal sebagai sumber kalsium yang baik. Tidak hanya itu, menurut situs Nutritionaustralia susu juga mengandung protein, karbohidrat, Vitamin (A, B12, dan riboflavin), serta mineral lain yang bermanfaat untuk perkembangan tubuh. Jumlah asupan kalsium yang dianjurkan untuk anak usia sekolah 4-8 tahun adalah sebanyak 700 mg atau setara dengan tiga porsi saji produk olahan susu. Satu porsi saji sama dengan 250 mL susu, 200 gr yogurt, atau 40 gr keju.

Selain mengonsumsi produk olahan susu, Jane menyarankan untuk memberikan makanan lain yang tinggi kalsium, agar menu si kecil lebih bervariasi. Sereal, sayuran berwarna hijau gelap, dan jus jeruk dapat menjadi pilihan. Sisipkan keju, sereal dan sayuran seperti brokoli, untuk menu makanan sehari-hari anak Anda. Sebagai camilan, Anda juga bisa memilih menyajikan keju dengan biskuit atau roti, bisa juga membuatkan si kecil smoothie yang terbuat dari yogurt dan buah-buahan segar.

Menurut Jane, makanan yang tinggi kalsium akan diserap lebih baik jika disertai dengan asupan vitamin D ke dalam tubuh. Sinar matahari pagi dapat menjadi sumber vitamin D untuk tubuh, jadi sering-seringlah mengajak anak Anda berjalan-jalan di pagi hari. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan makanan yang tinggi kandungan vitamin D, seperti ikan dan kuning telur.

Untuk menjaga kesehatan tulang si kecil, makanan saja tidak cukup tanpa ditunjang aktivitas fisik. Ajak anak untuk bermain sambil melakukan olahraga, misalnya lompat tali, berlari, bahkan berjalan-jalan di taman. Jane mengatakan orangtua harus menjadi panutan bagi anak, terutama dalam membentuk pola makan si kecil, agar anak terbiasa memakan makanan yang sehat, bernutrisi, dan mempunyai kebiasaan makan yang baik hingga dewasa nanti.

Share artikel ini:

Artikel Terkait