@shutterstock

Menciptakan Kamar Mandi Yang Selalu Bersih

Kamar mandi yang selalu bersih dapat menjaga kesehatan anggota keluarga Anda lho, Bu. Tempat yang selalu lembap disukai oleh bakteri dan jamur. Jangan sampai anggota keluarga mudah terserang penyakit seperti diare, hanya karena Anda tidak menjaga kebersihan kamar mandi.

Bagaimana ya cara menjaga kebersihan kamar mandi? Simak tips-tips berikut ini ya.

Rutin bersihkan kamar mandi
Lakukan minimal seminggu sekali untuk menjaga kamar mandi bersih dari bakteri dan jamur. Anda dapat memilih cairan pembersih kamar mandi yang dijual di pasaran. Sesuaikan dengan jenis keramik yang ada dalam kamar mandi ya, Bu. Selain mencegah terjadinya kerusakan, pemilihan produk pembersih yang sesuai dapat membersihkan kamar mandi secara lebih efektif. Untuk cairan kimia yang keras, gunakan sarung tangan, masker, dan sikat pembersih. Sikat area toilet atau wc, wastafel, bak mandi, dan lantai kamar mandi. Anda juga bisa menguras bak kamar mandi secara rutin untuk mencegah adanya jentik-jentik nyamuk.

Tutup toilet saat flush
Saat Anda menekan tombol flush tanpa menurunkan tutup toilet, partikel bakteri dapat tersebar ke seluruh kamar mandi. Akibatnya bakteri dapat menempel ke sikat gigi atau handuk yang Anda gantung di kamar mandi. Biasakan seluruh anggota keluarga untuk menurunkan tutup toilet sebelum menyiramnya ya.

Jangan simpan sikat gigi di lemari
Tersimpan dalam lemari, sikat gigi mungkin tidak bisa kering setelah penggunaannya, sehingga menciptakan lingkungan yang disukai bakteri. The American Dental Association merekomendasikan penyimpanan sikat gigi dalam keadaan berdiri dan tidak saling bersentuhan, agar tidak terjadi kontaminasi bakteri.

Keringkan handuk di luar kamar mandi
Handuk yang dibiarkan tergantung di kamar mandi akan menyerap kelembapan, sehingga handuk terkontaminasi bakteri dan jamur. Akibatnya handuk mudah bau dan dapat menyebabkan kulit   berjerawat. Ganti handuk setiap seminggu sekali dan jemur handuk di bawah sinar matahari, agar terbebas dari jamur.

Jauhkan penyakit dari anggota keluarga Anda dengan menjaga sanitasi kamar mandi. Tidak sulit kan Bu untuk menjaga kamar mandi tetap bersih dari bakteri dan jamur.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait