Mendongkrak Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh berputar lancar membuat tubuh menjadi bugar. Terdapat beberapa faktor yang menunjang laju berputarnya metabolism, di antaranya kegiatan berolahraga. Tak perlu jenis olahraga kompetitif, cukup memilih jenis yang menyenangkan saja. Selama apa pun aktvitas latihan jasmani meraih zona aerobics, tentu ada manfaatnya bagi tubuh kita.

TUBUH kita ibarat mesin mobil: butuh bahan bakar, minyak rem, oli, dan peralatan yang masih berfungsi baik. Agar mesin tubuh awet dan tidak lekas rusak, selain perlu kecukupan segala yang diperlukan untuk mesin bekerja baik, mesin butuh perawatan juga. Termasuk bagaimana mesin tubuh diperlakukan. Kerja melewati batas kemampuan tubuh, akan merusak badan.

Bahan bakar tubuh
Bahan bakar, minyak rem dan oli bagi tubuh diperoleh dari apa yang kita santap setiap hari. Agar mesin tubuh kita berputar dengan baik, semua bahan yang tubuh butuhkan harus terpenuhi. Menu harian perlu lengkap. Tubuh membutuhkan sekitar 45 jenis zat gizi agar mesin tubuh berputar optimal. Satu saja kekurangan, mesin tubuh akan pincang berputarnya. Mesin tubuh juga membutuhkan bahan bakar dari oksigen yang dihisap paru-paru. Makin penuh tangkapan oksigen oleh paru-paru, makin laju berputar mesin pembakaran tubuh.

Dari zat gizi yang kita konsumsi, akan dipecah oleh dapur tubuh untuk menjadi makanan bagi seluruh sel tubuh. Demikian pula dengan oksigen. Sel butuh kecukupan oksigen agar berfungsi normal mengolah semua zat gizi yang dibutuhkan. Sel akan memperoleh kecukupan makanan hanya apabila menu harian serba lengkap dan oksigen di dalam tubuh pun cukup.

Agar dapur tubuh bekerja optimal, diperlukan pula pelumas, yakni mineral, vitamin, dan bahan baku berasal dari protein dan lemak. Selain mineral, kita mengenal sejumlah jenis asam amino dan asam lemak yang menggiatkan kerja mesin tubuh.

Proses pengolahan segala makanan yang kita konsumsi berlangsung sebagai kerja pembakaran tubuh atau metabolisme. Proses pembakaran tubuh artinya mengolah segala jenis zat gizi untuk dijadikan tenaga, selain pembentukan zat lain yang dibutuhkan tubuh. Agar memberikan tenaga, tubuh membutuhkan zat gula. Sumber makanan yang berasal dari karbohidrat akan diubah menjadi gula tunggal bernama glukosa. Glukosa ini yang masuk ke dalam sel dan diubah menjadi tenaga.

Zat gizi lainnya dipakai untuk memproduksi hormon, enzim, dan produk lain yang tubuh butuhkan. Termasuk untuk membuat cairan otak, lendir saluran pernapasan, air mata, air liur, getah vagina, spermatozoa, getak prostat dan semua yang tubuh perlukan.

Aliran darah perlu deras
Asupan menu yang serba lengkap kandungan 45 jenis zat gizinya dan oksigen penuh mengisi darah saja tidak cukup. Akan sia-sia mesin tubuh berputar kalau jantung kurang memompa. Oleh karena itu, tubuh perlu aliran darah yang deras.

Darah mengangkut seluruh kebutuhan makanan tubuh melalui pipanya. Bila pipa pembuluh darah tubuh masih utuh dan belum tersumbat, maka darah akan sampai ke pelosok sel paling ujung sekalipun. Namun tidak demikian kalau sudah terjadi sumbatan. Komplikasi kencing manis dan lemak darah meninggi untuk waktu lama adalah sebagian dari akibat pipa pembuluh darah tersumbat.

Sekecil apa pun sumbatan pipa pembuluh darah tetap akan mengurangi laju aliran darah. Apalagi kalau tesumbat penuh, tak ada lagi darah yang bisa melewatinya. Itu berarti sel yang dilayani oleh pipa pembuluh darah itu tidak mendapatkan jatah darah. Sel tersebut akan mati dan menjadikan organ yang dibentuknya tidak berfungsi. Jika terjadi pada sel jantung maka menjadi serangan jantungm pada otak menimbulkan stroke.

Aliran darah menjadi deras kalau jantung memopa lebih kuat. Jantung memompa lebih kuat kalau tubuh beraktivitas, salah satunya berolahraga. Apa pun pilihan olahraganya, tentu memacu kerja jantung. Itu sebabnya bergerak badan itu menyehatkan. Jantung memompakan darahnya lebih deras mengalir dan dengan begitu makanan yang dibawa darah bisa tiba sampai ke bagian sel paling ujung.

Orang yang aliran darahnya tidak deras akan terlihat pucat, lemah dan mungkin lesu. Hal ini dikarenakan kendati menunya bergizi, namun yang bergizi itu tidak tiba sampai ke seluruh sel tubuh. Sebagian besar sel tubuh merana karena tidak mendapatkan cukup makanan. Itu sebabnya latihan fisik dan berolahraga diperlukan agar aliran darah deras. Derasnya aliran darah menggiatkan putaran mesin tubuh sehingga dapur tubuh bekerja optimal. Selain itu makanan dimasak dan diolah lebih laju yang semua ini berarti metabolisme tubuh berlangsung tinggi. Pembakaran mesin tubuh menjadi sempurna dan semua sel tubuh mendapatakan jatah makanan yang dibutuhkannya.

Kodrat tubuh manusia memang wajib bergerak dan tidak banyak duduk (sedentary lifestyle). Kurang gerak akan menimbun banyak penyakit dan berujung pada kelebihan berat badan, selain dapur tubuh tidak sempurna memasak segala kebutuhan makanan bagi sel-sel.

Berolahraga banyak pilihannya dan tergantung minat karena tujuannya bukan untuk kompetisi, melainkan sekadar menyehatkan. Kalau tak ada pilihan olahraga, berjalan kaki cepat (brisk walking) memberikan nilai aerobics sama bagusnya. Maka sebaiknya tiada hari tanpa berjalan kaki cepat supaya mesin tubuh kita berputar optimal.***

* Pengasuh Rubrik Kesehatan di Sejumlah Media, Pengamat Kesehatan, Health Motivator, Penulis 76 Buku Kesehatan

Share artikel ini:

Artikel Terkait