@shutterstock

Menengok Kehebatan Gula Pada Buah

Membahas pemanis yang satu ini memang tidak akan ada habisnya. Bermacam-macam makanan dan minuman banyak yang mengandung gula, namun tidak semua membawa manfaat positif untuk tubuh manusia. Nah, tapi gula yang terkandung dalam buah termasuk dalam salah satu gula yang membawa manfaat positif untuk kesehatan, salah satunya mengontrol gula darah.

Fruktosa dan glukosa adalah bagian dari zat yang terkandung dalam gula, yang akan dicerna tubuh dengan cara berbeda. Hati dan usus kecil akan mengubah fruktosa menjadi glukosa lebih dulu sebelum digunakan sebagai sumber energi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, tidak seperti minuman dengan pemanis glukosa, kandungan fruktosa dalam minuman manis justru bisa menurunkan tingkat sensitivitas insulin, dan lemak pada penderita obesitas. Sukrosa terbentuk dari campuran glukosa dan fruktosa. Sumbernya banyak dihasilkan oleh tumbuhan. Sukrosa juga bisa ditemukan dalam tebu dan buah bit.

Sebuah penelitian menemukan adanya hubungan antara fruktosa dan tingkat gula darah yang bisa menyebabkan obesitas. Makan banyak buah-buahan akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Oleh karena itu banyak pakar diet yang menyarankan agar Anda mengonsumsi banyak buah ketika diet untuk memanipulasi perut Anda. Buah pisang contohnya, nutrisi yang ada bisa membuat perut merasa kenyang walaupun belum makan nasi atau makanan berkarbohidrat lainnya.

Penderita diabetes tidak perlu khawatir jika ingin menikmati buah-buahan. Jangan takut untuk mengonsumsi buah, termasuk mangga yang memiliki kadar gula paling tinggi di antara buah lainnya. Perhatikanlah kadar karbohidrat dalam buah tersebut, bukan tingkat kemanisannya, karena karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Jadi, tidak perlu ribut menakar takaran fruktosa dan glukosa dalam buah jika ingin menikmatinya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait