Menengok Khasiat Beras Kencur, Jamu Tradisional Kaya Manfaat

Menengok Khasiat Beras Kencur, Jamu Tradisional Kaya Manfaat

Di Indonesia, sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jamu tradisional. Mulai dari yang dijajakan penjual jamu gendongan, hingga yang masuk ke pusat perbelanjaan modern. Berbagai variasi jamu tradisional telah diwariskan oleh orang jaman dulu untuk menyembuhkan penyakit, mempertahankan kesehatan, dan menjaga kecantikan.

Sejak abad ke-17, jamu biasa dikonsumsi nenek moyang bangsa Indonesia. Kebiasaan minum jamu pun lestari hingga kini. Tak heran jika jamu mudah ditemukan di mana-mana. Mulai dari yang dijajakan penjual jamu gendongan, hingga yang masuk ke pusat perbelanjaan modern. Terkadang jamu pun sering dijadikan obat herbal atau obat alami untuk menyembuhkan sakit penyakit.

Berbagai variasi jamu atau obat tradisional telah diwariskan oleh leluhur bangsa Indonesia. Faedahnya pun beragam. Mulai untuk menyembuhkan penyakit, jamu atau obat tradisional ini juga dipercaya dapat mempertahankan kesehatan, hingga menjaga kecantikan.

Salah satu jamu yang populer di tengah masyarakat, terutama di Pulau Jawa, adalah jamu beras kencur. Rasanya yang manis dan segar dipercaya banyak memberikan manfaat. Profesor riset jamu dari Kementerian Kesehatan Prof. Dr. Lestari Handayani, M.Med menyebut khasiat beras kencur mulai dari memulihkan badan yang pegal linu hingga merangsang nafsu makan.

Baca juga: Apakah Jamu Sama dengan Suplemen

Apa saja khasiat jamu beras kencur? Berikut penjelasannya.

Pereda Rasa Nyeri

Terlalu sibuk bekerja kadang dapat menyebabkan tubuh terasa sakit dan nyeri, akibatnya, aktivitas secara keseluruhan jadi terganggu. Kandungan minyak atsiri pada jamu beras kencur menjadi zat analgesik yang berfungsi menjadi obat alami bagi tubuh. Rutin meminum jamu ini dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri atau pegal linu. Selain itu, rasanya yang manis dan sedikit pedas memberikan rasa segar pada tubuh. Walhasil, stamina tubuh lebih kuat.

 

Pereda Batuk

Selain di Indonesia, khasiat beras kencur juga ditemukan dalam pengobatan tradisional India. Jamu beras kencur memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan. Manfaat jamu beras kencur yang menghangatkan tubuh akan memberikan kenyamanan bagi penderita infeksi saluran pernafasan atas. Tidak jarang, banyak penyanyi yang meminum minuman atau obat tradisional ini untuk menjaga suaranya agar tetap jernih.

 

Baca juga: Demam, Batuk, Pilek

Pereda Mual

Kencur mempunyai beberapa senyawa penting yang memberikan efek penyembuhan seperti acrid resin, minyak, kaempferid, galangin, alpinin, dan galangol. Ada dua bahan utama yang dapat dimanfaatkan dalam pengobatan yaitu galangol yang merupakan komponen yang mengandung minyak dari kencur dan acrid resin. Salah satu efek yang didapat tubuh setelah mengonsumsi kencur adalah menaikkan suhu tubuh, mengurangi gas dalam proses pencernaan, dan meningkatkan sekresi asam lambung dalam saluran pencernaan. Karena itu, sebagian masyarakat yakin khasiat jamu beras kencur adalah meredakan mual karena mabuk perjalanan, menghentikan muntah, dan mengobati diare.

 

Menengok banyaknya manfaat yang diberikan jamu beras kencur, tidak ada salahnya untuk memperkenalkan minuman tradisional ini kepada keluarga.

Share artikel ini:

Artikel Terkait