©shutterstock

Mengajari Si Kecil Bermain Basket, Kenapa Tidak?

Permainan bola basket adalah olahraga yang lumayan populer dan digemari oleh semua kalangan. Selain membuat badan menjadi aktif dan sehat, permainan ini juga mengajarkan kerjasama dan koordinasi antar sesama pemain.

Anda pun bisa mengajari si kecil agar bisa bermain basket dengan lihai. Mulailah mengajarkan dasar dari permainan bola basket, yaitu dribble (menggiring bola), shooting (menembakkan bola), dan passing (mengoperkan bola). Ikuti cara-cara mudah berikut ini ya.

Latihan dribble

Menurut situs Beforeitsnews, Anda bisa mengawali dengan melatih si kecil menggiring bola dengan dua tangan dan diam di tempat. Setelah mahir, cobalah meminta anak menggiring bola sambil berjalan, kemudian naik secara bertahap menggunakan satu tangan, hingga menggiring bola sambil berlari. Bersabarlah melatih kemampuan si kecil serta jangan lupa memberikan pujian dan semangat, walau si kecil terkadang gagal mempertahankan bolanya.

Latihan shooting

Setelah menguasai teknik dribble, situs Beforeitsnews menyarankan untuk melanjutkan ke latihan shooting atau menembakkan bola ke ring. Bantulah si kecil untuk menentukan jarak yang tepat untuk menembakkan bola dan pastikan ring basket di halaman Anda sudah diatur, sehingga masih berada dalam jangkauan anak. Latihlah cara menembakkan bola, mendapatkan keseimbangan tubuh, cara memegang bola, dan mengatur kekuatan tangan agar bisa menembakkan bola ke dalam ring. Anda juga bisa mengajarkan cara menembakkan bola dengan cara lay ups. Latihlah cara si kecil melompat dengan benar, dan melempar bola menggunakan tangan kanan maupun kiri.

Latihan passing

Menguasai teknik mengoperkan bola juga penting dalam permainan bola basket, seperti yang dilansir situs Beforeitsnews. Ajarkan si kecil cara mengoperkan bola setinggi dada, dengan memantulkannya ke lantai, dan melemparan bola dari atas kepala. Setelah anak mahir mengoperkan bola dengan teknik-teknik ini, Anda bisa mengajaknya bermain dalam tim kecil sambil mengenalkan aturan-aturan dasar bermain basket.

Memberikan aturan dasar

Si kecil tidak perlu memahami aturan-aturan bermain basket yang kompleks, cukup mengetahui perbedaan istilah bermain offensive (menyerang) dan defensive (bertahan), serta cara bermain tanpa menyakiti pemain lain. Untuk pelanggaran dan aturan lainnya, akan lebih efektif jika si kecil sudah bisa bermain dalam satu tim dan mengenal lawan main.

Tidak terlalu sulit ya mengajarkan si kecil cara bermain bola basket. Hanya butuh kesabaran dan ketekunan untuk melatih anak dan juga mendukungnya agar tidak patah semangat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait