Mengatasi Rumah Lembap agar Bebas dari Penyakit

Tinggal di negara tropis, salah satu tantangan terbesar adalah kondisi kelembapan tinggi di dalam rumah. Selain bisa merusak bangunan, ruangan yang lembap bisa menjadi sarang penyakit yang mengancam penghuninya.

Demi meminimalisir kerusakan bangunan sekaligus membuat penghuninya lebih sehat, sejumlah langkah perlu dilakukan untuk mengurangi kelembapan berlebihan di rumah.

Rajin buka jendela

Jendela terbuka merupakan salah satu pendukung gaya hidup sehat. Pastikan ruangan-ruangan di rumah Ibu dilengkapi jendela, atau setidaknya lubang ventilasi. Ini penting agar udara di dalam ruangan bisa bersikulasi dengan udara di luar. Jendela juga bisa jadi tempat masuknya sinar matahari untuk mengurangi kelembapan.

Pasang kipas pengisap udara

Masalah yang paling banyak terjadi adalah kamar mandi yang tidak memiliki jendela ataupun lubang ventilasi. Masalah ini bisa Ibu atasi dengan memasang exhaust fan. Kipas pengisap udara ini berguna untuk menghilangkan udara lembap yang ada di dalam kamar mandi. Kamar mandi pun bisa jadi lebih kering sehingga tidak menjadi sarang penyakit.

Baca Juga: Bersih-bersih Rumah Bikin Sehat

Kurangi penggunaan air

Cara terbaik untuk mengurangi kelembapan di kamar mandi adalah mengurangi jumlah air yang ada di dalamnya. Daripada bak mandi, Ibu dapat menggunakan shower. Ubah kamar mandi basah jadi kamar mandi kering untuk mengurangi risiko penyakit yang timbul karena lingkungan lembap.

Taruh dehumidifier

Jika kelembapan dalam rumah sudah tidak tertolong, terutama karena rumah Ibu minim jendela dan terhalang sinar matahari, pasanglah mesin dehumidifier. Jika dianggap terlalu mahal, Ibu dapat membeli penyerap air yang dijual bebas di supermarket.

Cegah genangan air

Jika terjadi genangan air, segera bersihkan dan keringkan area yang basah itu dalam durasi 24-48 jam untuk mencegah tumbuhnya jamur. Spora pada jamur bisa menyebabkan beragam alergi pernapasan yang membahayakan penghuni rumah.

Baca Juga: Kiat Menumpas Kuman di Rumah

Pandai mengendalikan kelembapan dalam rumah adalah kunci awal gaya hidup sehat. Keadaan lembap berlebih bahkan bisa membuat rumah jadi sarang kecoa yang membawa banyak penyakit. Jadi jaga rumah Ibu agar tetap sehat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait