@shutterstock

Mengenal Lebih Dekat Brussel Sprout

Ibu tentu sudah tidak asing lagi dengan taoge. Sering dijadikan pendamping makanan berat khas Indonesia seperti soto, pecel, dan ketoprak. Taoge dikenal akan kandungan proteinnya yang tinggi. Tapi tahukah Anda? Sayuran yang berjenis kecambah bukan hanya taoge saja lho. Ada juga brussel sprout yang mempunyai nilai nutrisi tinggi yang penting bagi tubuh.

Asal Brussel Sprout

Memiliki bentuk yang mirip dengan kubis tapi berbentuk bulat dan mini, sayuran yang merupakan subspesies kubis ini banyak disebutkan masyarakat berasal dari ibukota Belgia, Brussel. Kebanyakan orang tidak menyukai sayuran ini karena bau dan pahit. Tapi jika dimasak dengan benar, baik direbus maupun dipanggang, brussel sprout memberikan rasa yang segar dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Kaya Vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh dan membantu menjaga kesehatan kulit, gigi, serta gusi. Selain itu, juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Setengah cangkir brussel sprout mengandung 48,4 mg vitamin C, yaitu sekitar 50% dari kebutuhan vitamin C pada pria dan 65% pada perempuan setiap harinya, seperti yang dilansir situs SFGate.

Serat

Brussel sprout kaya akan serat pangan yang dibutuhkan tubuh. Setiap 1 cangkir porsi memberikan 3,3 gram serat atau sekitar 13% dari serat harian yang direkomendasikan untuk perempuan dan 9% untuk pria, sesuai dengan pedoman asupan serat dari Institute of Medicine. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi risiko beberapa jenis penyakit seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes.

Kaya Karotenoid

Brussel sprout mendukung penglihatan yang sehat karena mengandung karotenoid yang berfungsi sebagai sumber vitamin A dan membantu menjaga fungsi retina. Menurut Linus Pauling Institute, satu porsi brussel sprout menyediakan 664 iu vitamin A atau sekitar 28% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk perempuan dan 22% untuk pria.

Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam brussel sprout dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Rendahnya kadar vitamin C dalam tubuh dapat melemahkan tulang dan meningkatkan risiko patah tulang pinggul. Setiap porsi juga mengandung 76 mg vitamin C yang setara dengan 84% kebutuhan harian pria dan 100% pada perempuan.

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan brussel sprout, masukkan sayuran ini dalam salad hijau, pasta, maupun sup.

Share artikel ini:

Artikel Terkait