@shutterstock

Mengenal Lebih Jauh Manfaat Temulawak

Indonesia punya banyak rempah-rempah yang bagus untuk kesehatan. Salah satu di antaranya adalah temulawak. Dulu, tanaman ini sering diolah sebagai jamu untuk meningkatkan nafsu makan dan daya tahan. Selain itu ada juga beberapa manfaat penting yang bisa didapatkan dari temulawak. Apa saja itu? Yuk cari tahu!

Meredakan Radang Sendi

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine mengungkapkan kalau ekstrak temulawak ampuh dalam mengurangi rasa sakit yang terjadi di persendian. Ketika Anda mengalami radang sendi di bagian manapun, segera atasi dengan minum ekstrak temulawak selama 6 minggu. Dalam jangka waktu tersebut, radang sendi akan sembuh secara perlahan dan badan kembali sehat.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Perut kembung dan pencernaan terasa tidak enak? Manfaatkan temulawak untuk mengobatinya. Sebuah studi dari Journal Clinical Gastroenterology and Hepatology menyebutkan kalau temulawak mengandung zat yang bisa memperbaiki pencernaan dan meningkatkan kinerjanya. Temulawak bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan untuk membuat pencernaan kembali baik. Oh ya, Anda tidak perlu menambahkan gula atau semacamnya agar tubuh bisa merasakan khasiat temulawak dengan maksimal.

Mengurangi Risiko Terserang Penyakit Berbahaya

Temulawak akan mencegah Anda atau si kecil terserang berbagai macam penyakit berbahaya. The University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa ramuan temulawak yang dikonsumsi secara rutin akan mencegah tumbuhnya sel-sel penyakit berbahaya dan menjaga tubuh tetap sehat. Kandungan antioksidan di dalamnya juga akan melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan.

Meningkatkan Nafsu Makan Si Kecil

Seperti yang disebutkan di awal tadi, temulawak bisa membuat si kecil makan dengan lahapnya. Jika buah hati Anda seorang pemilih makanan atau sulit sekali ketika diajak makan, berikan saja ramuan jamu temulawak supaya nafsu makannya meningkat. Parut temulawak lalu peras hingga keluar sarinya. Tambahkan madu murni dan berikan pada si kecil. Konsumsi secara rutin akan menghilangkan kebiasaan si kecil yang malas makan dan membuatnya makin sehat.

Temulawak memang tidak begitu populer seperti jahe. Namun khasiatnya tidak kalah hebat lho. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait