©shutterstock

Mengenal Manfaat Herbal Tanaman Patah Tulang

Tanaman patah tulang adalah obat herbal yang memiliki segudang khasiat tersembunyi. Tanaman ini sering ditemui di negara tropis dengan tinggi mulai 2 hingga 6 meter. Cabangnya yang banyak menyimpan getah beracun yang sengat berbahaya kalau sampai mengenai badan Anda. Namun bagian lain dari tumbuhan ini dapat membantu menyembuhkan beberapa masalah kesehatan seperti berikut ini.

Mengobati Kutil

Kutil memang bukanlah masalah besar, tapi kalau dibiarkan saja bisa merusak keindahan kulit Anda. Untuk mengobatinya cukup siapkan ranting tanaman patah tulang dan daunnya, kemudian rebus menjadi satu dengan menggunakan 4 liter air. Tunggu hingga airnya menguap dan berkurang setengahnya lalu diamkan sampai tidak begitu panas. Rendam kaki atau tangan Anda yang mengalami masalah kulit ini. Setelah 30 menit keringkan lalu olesi dengan salepb herbal yang terbuat dari campuran putih telur dengan beberap rempah lainnya. Balut dan biarkan sampai kutil mengempis.

Patah Tulang

Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini juga berkhasiat dalam menyembuhkan patah tulang. Anda cukup mencampurkan tangkai dan daun tanaman patah tulang dengan daun srigi (Phillanthus Spec). Tambahkan air garam supaya tidak terlalu kental kemudian oleskan ke bagian tubuh yang mengalami patah tulang. Lakukan perawatan ini dua kali sehari supaya tulang Anda bisa cepat kembali sehat dan kuat.

Meredakan cedera ringan

Saat asyik berkebun, tanpa sengaja tangan Anda tertusuk duri mawar. Duh, peri sekali rasanya. Bu, Anda bisa mengobatinya dengan tanaman patah tulang. Getah yang berbahaya tadi ternyata memiliki khasiat untuk meredakan cedera ringan seperti ini. Oleskan getah ke bagian kulit yang tertusuk untuk mengeluarkan duri di dalamnya. Hati-hati jangan sampai tertelan atau kena mata karena getah ini sangat berbahaya. Kalau tidak berani, Anda bisa meminta bantuan dokter atau mereka yang ahli untuk memanfaatkan tanaman satu ini.

Menarik ya? Meskipun bentuknya sedikit aneh, ternyata tanaman patah tulang mampu membuat badan kembali sehat lagi. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait