@shutterstock

Mengenalkan Surfing, Olahraga di Laut Dewata yang Mendunia

Jika Ibu berkesempatan mengunjungi Bali, pasti tidak asing dengan pemandangan para surfer yang mengarungi ombak dan laut pulau Dewata. Bali memang menjadi salah satu tujuan selancar karena ombak dan keindahan alamnya. Jika si Kecil tertarik melakukannya, kenapa tidak mencoba mengajarkannya?

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengenalkan olah raga selancar pada anak.

Kesabaran Adalah Kuncinya

Mengajari anak tentang bagaimana berselancar kadang-kadang merupakan proses yang rumit. Kuncinya ada pada kesabaran. Jangan memburu-buru si Kecil ke dalam air dan mengenalkannya pada papan selancar. Jika merasa frustasi dan takut, mundurlah selangkah dan biarkan dia melakukan kegiatan menyenangkan lainnya di pantai. Berikan kesempatan padanya untuk mengamati para surfer yang sedang asyik mengarungi ombak.

Jaga Keamanan Si Kecil

Usia yang tepat untuk membawa si Kecil berselancar adalah antara 3-8 tahun. Selain fisiknya lebih kuat, kepercayaan dirinya juga sudah terbangun sehingga lebih mudah mengajarkannya bermain surfing. Gunakan papan seluncur yang sesuai dengan ukuran tubuhnya agar tidak terlalu berat baginya. Kenakan juga pakaian renang yang menutupi badan untuk menghindari luka karena goresan karang, tidak lupa kenakan pelampung untuk berjaga-jaga dari risiko tenggelam walau anak sudah mahir berenang.

Latihan di Tanah

Gambar garis papan selancar di pasir dengan jari kemudian minta si Kecil untuk berbaring, pura-pura mendayung, dan lakukan pop-up sebanyak mungkin. Pop-up merupakan faktor terpenting dalam belajar surfing, dengan kedua tangannya di atas papan lakukan gerakan push-up secepat mungkin lalu melompat berdiri. Ingatkan untuk tidak terlalu lama meletakkan lutut di atas papan karena akan mengganggu keseimbangan dan membuatnya jatuh ke dalam air laut.

Buat Anak Nyaman di Air

Laut yang berombak bisa membuat si Kecil yang gemar berenang pun merasa ketakutan. Dampingi anak saat berlatih mendayung papan selancar dan tunjukkan cara menaiki beberapa ombak hingga kepercayaan dirinya meningkat dan cukup berani. Jaga jarak Anda agar tidak terlalu jauh dari anak untuk berjaga-jaga.

Pilih Waktu yang Tepat

Waktu terbaik untuk berselancar adalah saat hari yang cerah dan lakukan di perairan dangkal yang suhunya lebih hangat ketimbang perairan yang lebih dalam. Pilih ombak-ombak kecil untuk anak berlatih hingga mendapatkan teknik yang tepat dan membangun kepercayaan diri. Berikan semangat padanya untuk terus mencoba ya.

Semoga tips-tips di atas membuat si Kecil menikmati kegiatan surfing untuk mengisi liburannya di Bali.

Share artikel ini:

Artikel Terkait