Menghasilkan Hidangan Ideal Sesuai Selera yang Praktis

Kebanyakan dari kita selalu merasa kehilangan atau kekurangan waktu dalam hidup. Ketika kesibukan makin menumpuk rasanya ingin selalu membalik atau menghentikan waktu sejenak agar tujuan kita tercapai. Lalu bagaimana caranya jika kita ingin hidup lebih maksimal, tapi ingin selalu bebas menentukan pilihan untuk hidup yang lebih sehat dengan  waktu yang singkat untuk menyiapkan hidangan? Berikut adalah tambahan tips yang dapat Anda ikuti, semoga berguna.


  • Usahakan untuk mengkonsumsi hidangan segar yang bergizi.
  • Jika tidak sempat memasak tiap hari, siapkan beberapa hidangan yang dapat disimpan untuk dikonsumsi beberapa hari kedepan didalam lemari es.
  • Jangan biarkan diri beristirahat malam dengan perut kosong atau lapar. Minum segelas susu dapat menjadi alternatif dan hindari mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi seperti kacang-kacangan sebelum tidur.
  • Sop dengan sayuran dan daging dapat disajikan sebagai hidangan utama. Jika dibuat dari bahan yang baik, kaldu dalam sop dapat membuat Anda lebih berselera dan daging mengandung zat gizi tinggi.
  • Hidangan dari bahan baku kentang, pasta atau roti, ideal menjadi pengganti nasi sebagai makanan utama. Kuncinya ada dalam pikiran Anda. Singkirkan anggapan bahwa jika belum makan nasi berarti belum makan.
  • Pasta dapat dibuat sehari sebelum disajikan. Siapkan sesuai kebutuhan, dinginkan dan simpan dilemari es. Isi 1 porsi pasta matang per orang adalah 100-125gr.
  • Kombinasi dan variasikan bahan hidangan dengan pilihan ikan laut/air tawar dan usahakan untuk memasaknya dengan mengukus atau memanggang daripada menggoreng.
  • Mulailah menghitung asupan kalori yang didapat dari hidangan yang disantap. Tergantung pada aktifitas, rata-rata perhari, dibutuhkan kalori sebesar 2000-2500 kalori. Ikuti angka kecukupan gizi yang ada dilabel makanan dan dihitung; jangan ikuti apa kata perut Anda.
  • Oven microwave dapat digunakan untuk memasak makanan selain untuk menghangatkan hidangan. Ikuti petunjuk waktu dari jenis hidangan dan gunakan wadah berbahan gelas atau kaca.
  • Untuk Anda yang menyenangi mie instan, tambahkan sayuran dan bahan berprotein lain seperti daging juga telur untuk mendapat kebaikan tambahan bagi kesehatan.
  • Salah satu kombinasi ringkas dari bahan makanan untuk hidangan yang cepat adalah tumis: daging + bumbu kering/cair instant + minyak sayur + sayur hijau + sayur daun hijau. Anda dapat mengganti jenisnya sesuai selera, hasilnya adalah beraneka ragam hidangan praktis nan lezat dan sehat.
  • Untuk lebih mengurangi kalori, kurangi lemak dari hidangan. Singkirkan kulit ayam atau lemak dari daging serta hindari penggunaan minyak berlebih sewaktu menumis dan santan dari kelapa.

Share artikel ini:

Artikel Terkait