@shutterstock

Mengintip Kandungan Herbal Temulawak

Pengobatan tradisional tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Salah satu tanaman obat yang banyak dipakai untuk menjaga kesehatan tubuh adalah temulawak. Walau kalah tenar dengan saudara kembarnya, kunyit, dalam hal penggunaannya untuk pengobatan tradisional, temulawak memiliki persentase curcumin yang jauh lebih tinggi yaitu sekitar 68% dibandingkan dengan 47% yang ada dalam kunyit.

Apa saja manfaat curcumin bagi tubuh Anda? Simak penjelasannya berikut ini ya.

Masalah Pencernaan

Curcumin merangsang produksi empedu yang dapat membantu meningkatkan pencernaan. The German Commission E, perkumpulan ahli herbal yang menentukan keamanan tanaman obat di negara tersebut, mendukung temulawak untuk mengobati berbagai masalah pencernaan seperti mengurangi kembung dan gangguan usus seperti ulcerative colitis.

Mengobati Hepatitis

Mangestuti, seorang ahli tanaman herbal tradisional dari Universitas Airlangga Surabaya menegaskan temulawak memiliki kekuatan untuk mempercepat aliran empedu, sehingga menjadi pembersih hati alami yang dapat membantu meremajakan sel-sel hati. Fungsi utama hati adalah untuk memproses dan mengeluarkan racun dari aliran darah, dengan menggunakan empedu. Peningkatan aliran empedu ini bermanfaat untuk detoksifikasi hati sehingga dijadikan pilihan yang baik untuk orang yang menderita masalah hati seperti hepatitis.

Osteoarthritis

Temulawak dapat memberikan manfaat bagi penderita osteoarthritis karena kemampuannya mengurangi peradangan. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2009 dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine memeriksa 2 kelompok penderita radang sendi lutut yang satu kelompok mengonsumsi ekstrak temulawak dan yang lainnya meminum obat ibuprofen. Pada akhir penelitian, ditemukan bahwa temulawak bekerja sama baiknya dengan ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit, tanpa efek samping yang merugikan.

Kanker

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2001 dalam jurnal ilmiah The Prostate, menemukan bahwa curcumin secara signifikan menghambat pertumbuhan kanker prostat dan memiliki potensi untuk mencegah perkembangannya. The University of Maryland Medical Center menjelaskan temulawak mampu menghambat peredaran darah yang memasok sel-sel kanker dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Kesehatan Jantung

Curcumin membantu mencegah terjadinya penyakit jantung dengan mencegah aterosklerosis, suatu kondisi yang ditandai dengan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah. UMMC menyatakan bahwa curcumin telah ditemukan untuk menurunkan kolesterol total dan kadar LDL, serta mencegah darah dari pembekuan.

Melihat banyaknya manfaat yang dipetik dari temulawak, tidak ada salahnya menngonsumsi ekstraknya dalam bentuk pil atau minuman, untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.


 [AP1]Pertumbuhan pembuluh darah? Maksudnya bagaimana?

Share artikel ini:

Artikel Terkait