©shutterstock

Menikmati Car Free Day di 3 Kota Berbeda

Saat ini, kesadaran hidup sehat masyarakat semakin meningkat. Tak heran banyak yang menggalakkan acara car free day di kota masing-masing.  Di Indonesia, car free day pertama kali dilakukan di Jakarta, kemudian merambah ke Bandung dan Malang. Wah.. kira-kira bagaimana ya susana car free day di tiga kota tersebut?

Jakarta

Sebagai ibu kota negara, Jakarta tentu saja memiliki populasi kendaraan yang sangat padat. Hal ini juga menyebabkan udara di sana terbilang kotor. Nah, guna meminimalisir polusi dan memberikan ruang bagi warganya untuk berolahraga, diadakanlah car free day setiap hari minggu. Jalanan sepanjang ruas Jalan Jendral Sudirman – MH Thamrin di tutup mulai pukul enam pagi hingga sebelas siang dan dialihfungsikan menjadi sarana olahraga untuk warga Jakarta. Selain itu, di car free day Jakarta, Anda juga bisa lho menemui berbagai komunitas unik yang melakukan kampanye penggalangan dana atau semacamnya. Seru banget deh!

Bandung

Kota kembang Bandung juga tidak mau ketinggalan mengadakan car free day. Setiap hari minggu, jalanan sepanjang Dago Bawah hingga Dago Atas ditutup dan digunakan sebagai sarana warga Bandung untuk jalan-jalan. Sama seperti di Jakarta, di sini ada banyak komunitas yang bisa di temui. Tak jarang, ada juga lho yang memanfaatkan car free day sebagai ajang karnaval. Kalau capek olahraga, Anda bisa menyantap makanan kaki lima yang bertebaran di sepanjang jalur car free day. Aneka souvenir khas Bandung juga bisa lho ditemui di sinai. Jadi kalau Anda jalan-jalan ke Bandung, car free day car free day adalah tempat yang cocok untuk hunting makanan murah, souvenir lucu, sekaligus berolahraga.

Malang

Kota kecil ini tidak kalah dengan kota besar lainnya.  Di mulai dari jam lima pagi hingga setengah sepuluh siang, jalanan sepanjang Jalan Ijen di tutup total dan hanya boleh dimasuki oleh pengendara sepeda serta pejalan kaki. Di jam tertentu Anda bisa mengikuti acara senam bersama yang dipandu dengan instruktur ahli. Asyiknya lagi, car free day di Malang langsung berhubungan dengan Pasar Minggu. Tinggal jalan beberapa meter, Anda sudah bisa menemui area pasar yang khusus berjualan aneka makanan dan barang-barang menarik.

Seru kan? Sudah menikmati car free day di salah satu kota tersebut, Bu?

Share artikel ini:

Artikel Terkait