Menjaga Kebugaran Saat di Kantor

Rutinitas memang menuntut para pekerja untuk berhadapan dengan layar monitor dan duduk di belakang meja terus-menerus. Namun perlu Ibu ingat, hal ini dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Menurut penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Alberta, Kanada, mereka yang bekerja di belakang meja mulai pukul 08.00 hingga 17.00 pasti sering mengeluh pegal-pegal pada punggung, dan kaku di bagian otot-otot tubuhnya.

Untuk tubuh tetap bugar saat di kantor, ada beberapa gerakan yang bisa Ibu lakukan untuk tetap hidup sehat tanpa harus perlu pergi jauh dari meja kerja.

1. Perbaiki posisi duduk

Postur tubuh terbaik untuk duduk adalah, punggung menempel pada kursi, bahu agak ditarik ke belakang, posisi mata sejajar dengan bagian atas monitor. Atur ketinggian kursi jika kepala Ibu masih harus menunduk atau menengadah saat melihat layar monitor.

2. Lakukan peregangan

Mencegah otot dan sendi kaku sangat penting, Ibu harus sering melakukan stretching. Untuk leher, secara perlahan gerakkan leher ke depan dan belakang, lalu ke kiri dan kanan. Putar bahu ke depan sebanyak 10 kali. Putar pergelangan tangan dan kaki searah jarum jam, kemudian arah sebaliknya. Jika sering menunduk, regangkan dada lebar-lebar dengan membuka tangan ke arah luar.

Baca Juga: Berolahraga di Sela-sela Kesibukan

3. Jangan duduk terlalu lama

Usahakan untuk berdiri setiap setengah jam. Jika memungkinkan, cobalah jalan-jalan kecil, tidak menyuruh office boy untuk memfotokopi berkas , tapi lakukanlah berjalan ke mesin fotokopi di ruangan lain agar Ibu bisa berjalan-jalan. Jika tubuh sering diolah, akan mengeluarkan hormon endorfin sehingga Ibu tidak stres dan lebih relaks.

4. Alihkan perhatian dari layar monitor

Selain bisa jenuh dengan tulisan dalam report mingguan, mata Ibu juga perlu diistirahatkan dari menatap layar. Alihkan pandangan ke jendela atau bagian lain di kantor yang tidak terlalu menyilaukan setiap 30 menit atau lebih. Bisa juga dengan memejamkan mata selama 30 detik, agar mata tidak lelah.

5. Atur pernapasan

Teknik pernapasan ternyata dapat memberikan efek relaksasi bagi seseorang. Ibu dapat menarik napas dalam-dalam dengan menarik otot perut dan menahannya beberapa lama, lalu keluarkan sambil perlahan mengendurkannya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait