Menu Sarapan Sehat Terbaik Untuk Dikonsumsi Keluarga

Waktu yang sempit jangan dijadikan alasan Ibu untuk menyajikan sarapan seadanya bahkan tidak memperhatikan asupan gizi bagi keluarga tercinta. Selain menjadi momen kebersamaan dalam keluarga, sarapan juga menjadi pendukung aktivitas sepanjang hari dan juga bisa mencegah makan terlalu banyak di siang harinya. Oleh karena itu Ibu harus memenuhi nutrisi yang dibutuhkan seluruh anggota keluarga saat sarapan. Menu sarapan sehat yang disajikan tak perlu rumit, karena menurut Erica Giovinazzo, MS, RD, ahli nutrisi dari Clay Health Club, New York, cukup kombinasikan karbohidrat baik, serat dan protein. Yuk Ibu, intip menu sarapan terbaik untuk penuhi nutrisi keluarga tercinta.

 

1. Sereal

Sereal banyak dipilih Ibu untuk dijadikan menu sarapan sehat & bergizi bagi keluarga karena praktis dan mencakup banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fiastuti Witjaksono, menu sarapan sehat yang bagus dikonsumsi adalah sereal. Sereal cocok untuk dikonsumsi karena kandungan karbohidrat di dalamnya bisa menjadi pengganti nasi. Pilihlah sereal yang terbuat dari gandum utuh, karena kaya akan serat, mineral dan vitamin. Jangan lupa tambahkan susu untuh menambah asupan nutrisi protein dan kalsium ya Bu.

 

2. Buah Beri

Ada tiga jenis buah beri yang direkomendasikan sebagai pelengkap menu sarapan, yakni raspberry, blueberry dan strawberry. Ketiganya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, hingga vitamin C & K yang baik untuk kekuatan tulang. Tak hanya itu, kandungan anthocyanin (pigmen alami pada tanaman yang memiliki sejenis antioksidan) di dalamnya juga baik untuk kesehatan jantung. Cara menyajikannya cukup menaruhnya di atas sereal atau bubur oatmeal tanpa perlu ditambahkan gula.

 

Baca Juga: Menu Sarapan Seru di Hari Minggu

 

3. Oatmeal

Menurut penjelasan Melinda Johnson, MS, RD dari Academy of Nutrition and Dietetics, oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi dan dicerna dalam waktu yang lama. Idealnya disajikan sebanyak 30 gram sekali sarapan untuk dewasa dan 15-20 gram per sajian untuk si kecil. Agar semangkuk oatmeal terlihat lebih menarik bagi si Kecil, masukkan ragam buah beri segar atau potongan pisang di dalamnya.

 

4. Pisang

Jika pisang biasanya disajikan dengan cara digoreng untuk sarapan, kini Ibu bisa mulai sajikan buah pisang segar dengan tampilan yang lebih menarik, seperti dipotong kecil-kecil atau dicetak lalu dimasukkan ke dalam menu oatmeal ataupun sereal. Menurut Laura Flores ahli nutrisi dari San Diego, pisang kaya akan kandungan potassium, magnesium, vitamin C dan B6 yang bagus untuk menguatkan sistem saraf dan sel darah putih.

 

5. Telur

Makanan yang satu ini mudah dibuat dalam berbagai cara, direbus, digoreng ataupun, dijadikan adonan kue. Untuk sarapan, makanan yang satu ini bisa dijadikan menu yang beragam, mengingat nutrisinya yang banyak seperti leutin dan zeaxanthin yang baik untuk mata, choline untuk perkembangan otak dan yang terpenting asupan protein untuk pertumbuhan otot.

Share artikel ini:

Artikel Terkait