©shutterstock

Menyeduh Teh Celup, Ada Caranya Lho

Teh merupakan minuman dengan jutaan penggemar di seluruh dunia. Aromanya yang segar dipadukan dengan madu dan air panas yang mengepul sangat enak dinikmati kapan saja. Namun belum banyak yang tahu bagaimana menyeduh teh yang benar sehingga rasa yang diberikan jadi biasa-biasa saja. Nah untuk Anda penggila teh, coba simak tips menyeduh teh berikut ini agar rasa yang dihasilkan semakin nikmat.

Gunakan Air Panas

Banyak orang lebih suka membuat teh dengan air hangat, bukan air panas yang mendidih. Padahal, warna dan rasa teh akan keluar lebih banyak jika diseduh dengan air panas. Saat air dalam teko mulai mendidih, tunggu selama 6 detik baru setelah itu angkat dan tuangkan ke dalam gelas teh. Biarkan asapnya mengepul sampai wangi teh mulai tertangkap oleh hidung.

Cukup 3 Menit

Anda tidak perlu mencelup-celupkan teh untuk mengeluarkan semua rasanya. Cukup diamkan dalam cangkir dan tunggu selama 3 menit. Jangan terlalu lama karena bisa merusak tampilan dan rasa teh. Sedangkan kalau kurang dari 3 menit, teh akan terasa hambar karena belum merasuk sepenuhnya.

Bahan Tambahan

Setelah 3 menit berlalu, segera angkat teh dari dalam cangkir. Anda bisa menyimpannya karena kantung teh punya banyak manfaat bagus untuk kecantikan. Tambahkan satu sendok teh gula atau madu untuk membuatnya semakin manis. Bisa juga menuangkan susu kental manis dan aduk-dauk sampai tercampur jadi satu. Tapi ingat ya, kalau sudah menambahkan susu kental manis jangan  memasukkan gula lagi supaya keaslian rasanya tetap terjaga.

Bosan dengan teh susu atau teh biasa? Coba seduh dengan tambahan perasan lemon dan madu. Perpaduan yang luar biasa ini akan membuat pikiran jadi lebih tenang. Kalau udara sedang dingin-dinginnya, masukkan beberap potongan jahe segar untuk memperkaya cita rasa teh dan membuat badan semakin hangat.

Banyak negara di dunia yang memasukkan teh dalam budaya mereka. Di Inggris, minum teh sudah jadi kebiasaan masyarakatnya. Di Jepang dan Korea ada upacara khusus yang harus dilakukan sebelum menikmati secangkir teh. Anda harus melakukan berbagai macam penghormatan dan mengikuti proses meramu teh yang cukup panjang demi bisa merasakan segarnya minuman yang satu ini. Menarik ya? Jadi sudah kah Anda minum teh hari ini?

Share artikel ini:

Artikel Terkait