@shutterstock

Menyulap Sirloin Menjadi Sajian BBQ Istimewa

Sampai saat ini bistik masih menjadi salah satu hidangan yang istimewa. Terlebih jika disajikan dengan bumbu-bumbuan yang komplit dan menggugah lidah seperti barbekyu. Meski begitu, tingkat kelezatan dari bistik juga ditentukan dari jenis daging sapi yang digunakan. Selain tenderloin, sirloin adalah bagian daging sapi yang cukup lezat untuk dibuat barbekyu.

Untuk membuatnya simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Siapkan alat pemanggang
Mula-mula siapkan alat pemanggang barbekyu, termasuk kayu arang yang biasa digunakan untuk membakar maupun memanggang. Bakar kayu arang ini sampai kobaran apinya padam dan tersisa bara api yang pas untuk dibuat memanggang daging. Letakkan di bagian samping, bukan diratakan di bagian dasar pemanggang. Tujuannya agar daging yang dipanggang tidak sampai gosong.

Letakkan jus apel
Tempatkan wadah tahan api yang berisikan jus apel dekat kayu arang yang sudah terbakar. Jus apel ini akan memuai dan mengenai daging. Patrick Hutchison, ahli gizi dari University of Washington, menjelaskan zat asam yang keluar dari jus apel akan membuat daging lebih mudah lunak dan matang secara keseluruhan. Selain itu tekstur daging juga lebih lembut dan tak keras saat dimakan.

Bumbui dengan rempah
Sebelum memanggang daging, rendam terlebih dulu sirloin dalam larutan barbekyu yang sudah Anda siapkan. Lakukan selama 30 menit atau lebih sampai bumbu tersebut meresap ke dalam daging sepenuhnya. Angkat dan lumuri dengan bumbuan rempah seperti lada hitam, merica bubuk dan beberapa rempah maupun herbal lainnya.

Proses pemanggangan
Setelah daging selesai dibumbui, posisikan di atas alat pemanggang tepat di atas wadah jus apel. Larutan jus akan menjaga temperatur panas yang masuk ke dalam daging merata, sehingga tak sampai membuat daging matang pada satu posisi saja. Lumuri dengan saus barbekyu secara merata dan pindahkan ke tempat oven. Bungkus dengan aluminium foil dan panggang dalam oven selama 10 menit.

Barbekyu sirloin empuk dan lezat pun siap untuk disajikan.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait