Meracik Sendiri Obat Tradisional Untuk Mengobati Diare Secara Alami

Diare adalah masalah kesehatan yang sering dialami anak-anak dan sebaiknya harus segera diatasi untuk menghindari dehidrasi yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Namun Ibu tak perlu panik, karena mengatasi diare dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan meracik sendiri obat tradisional yang aman bagi kesehatan. Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diare. Cara membuatnya pun tak sulit dan bahannya juga mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

 

Oralit

Jika si Kecil terkena diare, pertolongan pertama yang bisa Ibu lakukan adalah membuat oralit. Obat tradisional ini memang sudah dikenal sejak lama sebagai obat diare paling manjur. Oralit akan menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare sehingga badan tidak akan terlalu lemas.

Caranya pun mudah, Ibu bisa membuat sendiri oralit di rumah dengan resep obat tradisional berikut: Setengah sendok teh garam halus, dua sendok teh gula kemudian dilarutkan dalam satu gelas air putih hangat. Cara meminum larutan ini tidak boleh langsung dihabiskan begitu saja ya Bu. Caranya adalah dengan meminum 2 sampai 3 kali tegukan. Kemudian berhenti selama kurang lebih 3 menit. Lakukan langkah tersebut sampai larutan habis.

 

Daun Jambu Biji

Tahukah Ibu, sudah banyak orang yang telah membuktikan keampuhan dari obat tradisional ini. Daun jambu biji akan menyembuhkan penyakit diare secara alami dan menghilangkan rasa sakit pada perut akibat diare.

Ibu bisa langsung memberikan daun jambu biji kepada si kecil untuk dikonsumsi secara langsung. Selain itu Ibu juga bisa mengambil pucuk daun jambu yang masih muda yang sudah dibersihkan lalu tumbuk hingga halus, peras sampai mendapatkan 1 sendok makan dan beri sedikit garam, lalu berikan resep obat tradisional ini untuk si kecil.

 

Baca Juga: Membentengi Anak Agar Terhindar Diare

 

Buah Sirsak

Rasa buah yang tidak pahit dari buah sirsak tentu sangat membantu Ibu saat memberikan obat tradisional ini untuk si kecil. Caranya, siapkan buah yang sudah matang kemudian peras airnya, minumkan 2 – 3 sendok makan pada saat anak mengalami diare.

 

Kunyit

Kunyit dikenal sebagai tanaman rempah yang memiliki khasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit diantaranya adalah diare. Untuk membuat obat diare alami dari kunyit sangat mudah.

Bersihkan kunyit kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu rebus kunyit dalam satu gelas air sampai tersisa sekitar 1/3 air di dalam panci. Tambahkan kapur sirih kemudian aduk sampai merata. Setelah air rebusan kunyit dingin, saring air kemudian konsumsi 3 kali sehari. Minumkan resep obat tradisional ini beberapa kali sampai diare si kecil sembuh.

 

Air Kelapa

Air kelapa juga bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati diare. Di dalam air kelapa banyak terkandung zat elektrolit yang bisa membantu menggantikan cairan tubuh serta membunuh bakteri penyebab penyakit diare. Resep obat tradisional ini juga mudah dibuat, cukup berikan si kecil air kelapa murni tanpa tambahan bahan apapun untuk diminum langsung.

 

Itulah 5 obat tradisional untuk mengatasi penyakit diare yang yang aman diberikan untuk si kecil. Selain cara mengobati diare yang telah disebutkan di atas, sangat dianjurkan Ibu memberikan si kecil air putih yang banyak. Sebab ketika diare begitu banyak cairan tubuh yang dikeluarkan sehingga tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih. Jika diare si kecil tak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter.

Share artikel ini:

Artikel Terkait