Mulai Memilah Sampah di Rumah untuk Lingkungan yang Lebih Baik

Masalah sampah kini adalah masalah dunia yang penting untuk segera diatasi. Mengingat sampah yang ada dihasilkan oleh semua orang, maka sebaiknya semua orang juga turut aktif melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Nah, Ibu juga dapat berperan untuk membantu mengatasi masalah sampah dunia dimulai dari rumah sendiri. Hal paling utama yang dapat Ibu lakukan adalah memilah sampah rumah tangga sehingga kemudian sampah yang ada bisa diolah dengan baik sehingga tidak berakhir mencemari lingkungan.

 

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Ibu ketahui untuk dapat memilah sampah dan mengolah sampah dengan baik sehingga Ibu dan keluarga bisa turut menjaga lingkungan kita.

 

Kenali dulu jenis-jenis sampah rumah tangga

  • Sampah Organik

Sampah jenis organik disebut juga sampah basah dan terdiri dari bahan yang bisa terurai secara alamiah. Yang termasuk sampah organik diantaranya adalah sisa sayuran hijau, buah-buahan, sayuran, tulang ayam, tulang ikan, telur, seafood, dan sejenisnya.

 

  • Sampah Anorganik

Sampah jenis anorganik disebut juga sampah kering dan terdiri dari bahan-bahan yang sulit terutai secara biologis sehingga memerlukan penaganan dan metode khusus untuk menghancurkannya. Yang termasuk sampah anorganik diantaranya adalah kaleng, gelas, koran, majalah, kardus, plastik dan sebagainya.

 

  • Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun

Sampah jenis yang satu ini adalah limbah dari bahan yang berbahaya, biasanya dihasilkan oleh pabrik, rumah sakit dan sebagainya. Sampah jenis ini yang mungkin dihasilkan oleh rumah tangga adalah sampah elektronik. Misalnya barang elektronik di rumah yang sudah rusak dan tidak dapat dipakai lagi.

 

Apa yang bisa Ibu lakukan dengan sampah rumah tangga?

Sampah organik dari rumah tangga bisa diolah menjadi eco enzyme, kompos dan biopori. Eco enzyme adalah cairan dari hasil fermentasi sampah organik yang bisa dijadikan pembersih, pupuk alami dan pestisida. Kompos tentunya dapat Ibu gunakan dalam bercocok tanam. Sementara mengolah sampah dengan lubang biopori dapat membantu menggemburkan tanah di sekitarnya dan bisa diambil untuk dijadikan pupuk kompos.

 

Sampah anorganik bisa digunakan ulang untuk kebutuhan lain dengan melakukan berbagai kreas atau diberikan ke bank sampah. Begitu juga dengan sampah elektronik, sebaiknya dibuang ke tempat yang memang bisa mengolah sampah jenis ini.

 

Bagaimana cara memilah sampah?

Agar dapat diolah dengan cara yang tepat, sebaiknya sejak awal sampah sudah dipilah sesuai jenisnya. Berikut kelompok memilah sampah yang dapat Ibu lakukan di rumah:

  • Sampah basah untuk kompos
  • Sampah basah untuk eco enzyme
  • Sampah kertas
  • Sampah plastik
  • Sampah gelas
  • Sampah kaleng
  • Sampah elektronik

Jika tak punya cukup ruang atau tempat, untuk sampah kering Ibu dapat menggabungkannya terlebih dahulu dan memilahnya kemudian saat membuang atau menyerahkannya ke bank sampah. Jangan lupa untuk membuang sampah-sampah ini ke tempat yang memang sudah bisa mengolahnya dengan baik ya, Bu. Kan sayang jika sampah yang sudah Ibu pilah ternyata digabungakan lagi dan dibuang begitu saja sehingga kembali mencemarkan lingkungan.

 

 

 

 

Sumber:

https://waste4change.com/blog/

https://zerowaste.id/waste/cara-memilah-sampah-jawaban-dari-pengganti-plastik-sampah/

https://www.kompasiana.com/novi.ardiani/55485787547b618a1625253e/memilih-untuk-memilah-peran-ibu-dalam-pengelolaan-sampah-rumah-tangga

Share artikel ini:

Artikel Terkait