©shutterstock

Nasi Juga Bisa Diolah Menjadi Kudapan Bernutrisi

Keluarga Indonesia pasti sudah familiar dengan yang namanya nasi. Bahkan beberapa tidak bisa makan jika tidak ada nasi tersaji di meja makan. Kandungan karbohidratnya yang tinggi menjadikan nasi  sebagai sumber energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Nasi rupanya tidak hanya sedap diolah menjadi berbagai makanan, seperti nasi goreng, nasi uduk, maupun nasi kuning. Tapi tahukah Ibu? Nasi juga bisa diolah menjadi kudapan yang sehat dan lezat lho. Yuk cek resep-resep berikut ini.

Rice Pudding

Campurkan segelas nasi dan segelas susu dalam panci, kemudian panaskan sampai mendidih. Turunkan panas dan masak sampai campuran mulai mengental, selama kurang lebih 5 menit. Tambahkan ½ gelas krim kental, ¾ gelas santan, ¼ gelas gula dan ¼ sdt bubuk kapulaga. Masak selama 5-10 menit sambil diaduk menggunakan whisk, agar tidak menggumpal. Setelah mengental, matikan api dan masukkan 1/3 cup golden raisin dan kacang pistachio. Tuang rice pudding ke gelas, tutup dengan plastic wrap tepat di permukaan pudding, dan masukkan dalam lemari pendingin. Disajikan dingin lebih nikmat lho.

Cala, Donat nasi dari New Orleans, AS

Mirip dengan donat ala Perancis, Beignet, Cala adalah kudapan berbahan nasi, yang berasal dari New Orleans, Amerika Serikat. Cara membuatnya mudah kok, Bu. Ayak 6 sdm tepung, 2 sdt baking powder, dan 3sdm 3 sdm gula. Campur ayakan bahan kering dengan 2 gelas nasi dan sedikit vanila. Untuk mengikat adonan, tambahkan 2 telur lalu aduk sampai rata. Ambil adonan dengan 2 sendok makan, buat sebulat mungkin kemudian cemplungkan ke minyak panas. Goreng hingga sedikit mengembang dan kecoklatan. Taburi gula bubuk saat disajikan. Yummy..

Cupcake nasi bebas gluten

Percayakah Ibu, cupcake juga bisa dibuat dari nasi lho. Bonusnya lagi, cake ini bebas gluten jadi lebih sehat untuk dikonsumsi. Caranya juga mudah dan cepat. Haluskan 250 gram nasi dan 250 gram gula dengan menggunakan blender atau food processor. Kemudian tambahkan 6 butir telur, vanilla, 200 gram tepung almon, 50 gram coklat bubuk, dan 1 sdt baking powder. Haluskan kembali hingga tercampur rata. Tuangkan pada cetakan cupcake dan panggang hingga matang. ibu juga bisa menambahkan chocolate frosting untuk mempermanis rasa dan penampilan.

Nah, selamat mencoba resep-resep kudapan dari nasi ini ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait