©shutterstock

Nasi Liwet atau Rice Cooking, Mana yang Lebih Sehat

Nasi merupakan makanan pokok yang biasanya wajib dihidangkan di atas meja makan. Walau terlihat mudah, ada bermacam-macam metode memasak nasi yang mempunyai kelebihan dan kekurangan, misalnya nasi yang diliwet rasanya lebih lembut tapi perlu waktu lama, sedangkan menggunakan rice cooker hanya butuh waktu singkat, tapi nasi yang dihasilkan terkadang kurang pulen.

Nah, dari kedua metode tersebut, mana ya yang menghasilkan nasi yang lebih sehat?

Meliwet Nasi

Teknik ini dilakukan dengan memasak beras dan air menggunakan panci penanak nasi berbahan tembaga atau besi. Caranya, cuci bersih beras sebentar saja agar vitaminnya tidak hilang, lalu tuangkan ke panci yang mempunyai dasar tebal dan bersih. Gunakan perbandingan cairan (bisa berupa kaldu, air, atau santan) dan beras sesuai dengan jenis beras. Tanak dengan api besar, tutup pancinya, dan biarkan selama 7 menit hingga cairan terserap habis dan beras mulai lunak. Jika air di pinggir beras sudah membentuk gelembung, kecilkan api, lalu letakkan kain bersih yang dilipat di atas panci dan ditutup lagi dengan tutup panci. Tunggu selama 15 menit sebelum diangkat dan siap disajikan. Keuntungan meliwet nasi adalah tekstur yang masih kenyal, aroma lebih sedap, masih mengandung vitamin, dan waktu memasak tidak terlalu lama. Akan tetapi kekurangannya nasi menjadi berkerak karena dimasak di panci yang tebal, serta boros bahan bakar. Selain itu, jika direbus dalam banyak air, nasi akan kehilangan sebagian kecil kadar elemen nitrogen yang terkandung dalam beras.

Memasak dengan Rice Cooker

Bisa dibilang alat ini hampir selalu ada di setiap rumah karena memudahkan memasak nasi. Caranya pun cukup sederhana, mulai dari mencuci beras hingga bersih, cukup 2 kali agar vitamin B12 dalam beras tidak banyak hilang karena terbawa air. Tuang beras dalam panci dan gunakan takaran perbandingan beras dan air yang telah disesuaikan dengan jenis beras. Bisa juga menggunakan air panas atau mendidih untuk mempercepat proses pematangan, sehingga nutrisi beras tidak banyak hilang dan menghemat listrik. Masak selama kurang lebih 30 menit. Selain praktis dan hemat waktu, nasi hasil memasak dengan rice cooker tidak kehilangan banyak vitamin dan selalu tersedia hangat. Kelemahannya dari metode ini adalah membutuhkan listrik, nasi mudah lengket, dan berkerak.

Dari penjelasan di atas, memasak nasi menggunakan rice cooker menghasilkan nasi yang lebih sehat lho, Bunda. Sajikan nasi yang pulen, kaya nutrisi, dan tidak memerlukan banyak waktu dengan metode ini ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait