@shutterstock

Obat Penting Dalam P3K Olahraga

Saat olahraga, kecelakaan bisa saja terjadi. Oleh karena itu selalu sediakan berbagai obat penting untuk keperluan P3K. Menurut Dr. handrawan Nadesul, semakin lengkap kotak P3K atau first aid kid maka semakin besar peranannya untuk memberikan pertolongan akibat cedera yang terjadi. Jadi, siapkan obat penting berikut ini dalam kotak P3K Anda.

Antiseptik

Pada dasarnya menangani luka adalah bagaimana agar luka terbebas dari infeksi dan membuatnya steril. Oleh karena itu, Anda membutuhkan alkohol 70% dan berbagai larutan antiseptik lainnya. Untuk luka lecet, setelah melakukan perawatan tidak perlu ditutup agar lekas kering. Namun, jika luka lecet cukup dalam maka harus ditutup dengan kassa atau perban agar kotoran tidak dapat masuk. Namun, jangan menutupnya terlalu rapat agar udara masih bisa masuk.

Jika luka diperkirakan tercemar oleh kotoran hewan, agar terbebas dari spora tetanus gunakan larutan H2O2 (hydrogen peroksida) yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat. Namun, sebelumnya lakukan konsultasi dengan apoteker tentang cara penggunaannya ya.

Bila perawatan luka dan penanganannya benar serta bebas dari kuman, maka proses penyembuhannya akan berlangsung cepat dan sempurna. Namun, jika luka ternyata menjadi basah dan bernanah, berarti penanganan lukanya kurang tepat dan berpotensi terkena infeksi.

Terkilir dan patah tulang

Posisi tubuh dan teknik olahraga yang kurang tepat menjadi penyebab sering terjadinya terkilir bahkan patah tulang. Pertolongan pertama yang dapat diberikan saat terkilir adalah obat peredam nyeri otot dan sendi seperti metil salisilat berupa spray atau obat gosok.

Untuk indikasi patah tulang, kenali dulu gejalanya dengan melihat struktur tulang yang berubah dan persendian yang tidak berfungsi. Dalam menangani kasus seperti ini tidak dapat sembarangan, upayakan agar kondisi patah tulang tidak bertambah buruk dengan penggunaan bidai (spalk). Bidai adalah papan tipis mirip penggaris yang bertujuan agar tulang tetap pada posisinya. Ikat bidai dengan kain perban dengan hati-hati dan pastikan tidak menggeser posisi tulang.

Selain menyediakan berbagai obat penting di atas, Anda juga perlu menambah pengetahuan tentang bagaimana cara memberikan pertolongan pertama saat kecelakaan. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi kesalahan dalam pemberian pertolongan pertama. Semoga bermanfaat.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait