©shutterstock

Olahraga Bisa Membuat Otak Cerdas, Bukan Mitos!

Olahraga bisa membuat otak cerdas? Jangan salah, aktivitas fisik ini bisa meningkatkan kinerja otak si kecil maupun orang dewasa lho! Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, yuk simak penjelasan ilmiahnya pada ulasan berikut ini.

Olahraga ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja, namun juga memiliki manfaat tersembunyi dalam meningkatkan kecerdasan otak. Olahraga seperti bersepeda, aerobik, berenang dan joging dinilai dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak baru sehingga bisa bekerja dengan optimal.

Justin Rhodes, seorang profesor psikologi di University of Illinos di Urbana Champaign, menyatakan bahwa  ketika berolahraga tekanan dan aliran darah meningkat ke seluruh tubuh, termasuk pada otak. Semakin banyak darah yang mengalir, berarti semakin banyak pula energi dan oksigen yang membuat kinerja otak semakin baik.

Olahraga mempengaruhi banyak situs dalam sistem saraf dan memicu hormon kebahagiaan, seperti serotonin dan dopamin yang membuat Anda merasa lebih tenang, bahagia dan gembira. Hal ini juga diungkapkan oleh Christian Anderson, MS, seorang koordinator kebugaran dari University of San Francisco bahwa dengan berolahraga dapat merangsang sistem saraf dan fungsi otak menjadi lebih maksimal, sehingga Anda dapat berpikiran lebih jernih, tampil lebih baik dan bersemangat.

John J. Ratey, MD seorang profesor psikologi di Harvard Medical School dan penulis buku A User's Guide to the Brain merekomendasikan untuk berolahraga hingga berkeringat atau nafas terengah-engah, paling tidak mencapai 60 persen denyut nadi maksimal untuk bisa mencapai pelatihan otak. Selain itu, Christin Anderson, MS, koordinator fitnes di University of San Francisco mengatakan minimal habiskan waktu 30 menit latihan, seperti berjalan, hiking, atau berenang dalam waktu tiga kali seminggu bisa memberikan manfaat lebih baik pada kinerja otak.

Kini Anda sudah semakin yakin kan jika olahraga bisa memberikan kontribusi yang besar pada kinerja dan perkembangan otak? Oleh karena itu, yuk biasakan untuk berolahraga rutin setiap hari, tidak hanya tubuh bugar yang didapatkan tapi juga otak yang cerdas.

Share artikel ini:

Artikel Terkait