Omelet , Menu Sarapan Bernutrisi dan Mengenyangkan

Bosan sarapan roti atau nasi? Coba masak omelet yuk. Bahannya mudah lho, cukup telur, butter, dan aneka sayuran. Selain lezat dan mengenyangkan, menu sehat ini juga kaya nutrisi yang bagus untuk Anda dan tumbuh kembang si kecil. Mau tahu apa saja zat gizi di dalam menu ini? Cek disini yuk!

Telur

Dalam satu buah telur mentah, terdapat 6,3 gram protein yang bagus untuk menunjang diet sehat Anda. Sarah Iptenco seorang ahli gizi dari situs livestrong mengatakan, telur juga memberikan energi dan mendukung seluruh proses yang berjalan dalam tubuh. Jika menambahkan sayuran ke dalam omelet, maka Anda akan mendapatkan 270 kalori per sajian. Di samping itu manfaat nutrisi seperti vitamin A, kalium, vitamin E, vitamin D, kalsium, dan folat juga bisa didapatkan. Satu lagi, kalau khawatir dengan kalorinya, Anda bisa memasak omelet telur menggunakan putih telurnya saja.

Sayuran

Ada banyak campuran yang bisa ditambahkan dalam menu sarapan ini. Salah satu di antaranya adalah sayuran. Kandungan gizinya yang melimpah akan membuat sarapan pagi Anda semakin menyehatkan. Menurut Sarah Iptenco, satu cangkir paprika hanya memiliki 15 kalori, 1,25 gram serat, 60 mg vitamin C dan beta-karoten. Nah, Bu, beberapa sayuran seperti asparagus, tomat, jamur, kacang polong, brokoli, dan zucchini merupakan pilihan isian omelllet yang tepat karena rendah kalori namun kaya nutrisi. So, jangan sampai salah pilih ya!

Keju

Khusus untuk si kecil, tambahkan keju dalam omeletnya yuk. Pilihlah keju rendah lemak agar tidak mengganggu berat badannya. Selain itu, keju juga memberikan tambahan protein sehingga si kecil akan kenyang lebih lama.

Pilihan topping lain

Berbagai macam pilihan topping bisa ditambahkan untuk meningkatkan gizi dan rasa dalam omelet. Contohnya saja, tomat salsa. Sarah Iptenco mengatakan bahwa varian tomat ini menyediakan kalori sebanyak 35 kalori dengan komposisi 2,1 gram serat, 386 mg kalium, 2,5mg vitamin C dan beta-karoten. Ada juga alpukat yang kaya serat dan aneka rempah khas Indonesia yang tidak kalah sehatnya.

Bila Anda menambahkan beberapa makanan ini pada sajian omelet yang Anda buat, maka sudah cukup memenuhi kebutuhan kalori sarapan di pagi hari. Tambahan beberapa sayuran, keju dan topping pada omelet bisa membuat sajian ini menyumbang kalori sebesar 250-325 kalori per sajian. Hebatnya lagi, semua bahan kaya zat gizinya sehingga akan memberikan manfaat bagi tubuh lebih optimal. Selamat mencoba, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait