@shutterstock

Paket Sarapan Sehat Ala Vegetarian

Matahari sudah berangsur-angsur naik, waktu pagi akhirnya tiba. Tugas Anda untuk menyiapkan sarapan juga harus segera dilakukan sebelum si kecil pergi ke sekolah dan ayah pergi kerja. Belum lagi si kecil berpesan ingin menikmati menu sarapan yang beda dari biasanya. Membuat paket sarapan istimewa ala vegetarian dapat Anda coba sebagai pilihan hidangan istimewa pagi ini.

Owen Pearson, praktisi gizi dari University of Rio Grande, menjelaskan hidangan vegetarian tak selalu minim gizi. Tanpa asupan daging yang notabene sumber protein, Anda masih bisa menghadirkan paket menu sehat ala vegetarian. Kombinasi menu yang tepat bisa memenuhi kebutuhan gizi harian walau tak mengonsumsi sumber makanan nabati sedikit pun. Tiga paket sarapan sehat ala vegetarian berikut ini dapat Anda coba.

Olahan tahu
Makanan vegetarian pertama yang bisa disajikan saat sarapan adalah tahu. Makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai ini menyimpan banyak kandungan zat gizi di dalamnya. Own Peterson menjelaskan jika tahu mengandung protein, kalsium dan vitamin B yang sangat melimpah. Buatlah orak-arik tahu dengan memeras air yang ada dalam tahu terlebih dulu. Letakkan dalam teflon masak dengan sedikit  olive oil. Campur dengan irisan tomat, bawang bombay, paprika dan cabai. Tambahkan beberapa rempah seperti kunyit, jinten, bubuk cabai, basil dan oregano. Masak sampai matang dan hidangkan dengan buah-buahan segar.

Crepes
Ada lagi menu vegetarian yang bosan disajikan saat sarapan. Buatlah adonannya dari dua 250 gram tepung gandum, 2 sendok makan margarin vegan yang sudah dilelehkan, ½ cangkir susu kedelai dan ½ sendok teh garam. Aduk sampai rata, tambahkan ½ sendok teh soda kue dan 2 sendok makan soda kue aduk kembali sampai kekentalannya pas. Siapkan wajan crepes atau teflon datar, berikan sedikit minyak zaitun, biarkan panas dan tuangkan adonan tipis. Masaklah selama 2 sampai 3 menit. Isi dengan potongan stroberi, blueberry dan buah persik. Siram dengan cokelat hitam cair, lipat dan sajikan.

Smoothie
Lengkapi paket sarapan sehat ala vegetarian dengan minuman yang tak kalah menyehatkan. Buatlah smoothie spesial dengan tambahan flaxseed atau biji rami. Masukkan satu potong pisang beku, blueberry, stroberi dan buah-buahan lain yang Anda atau si kecil suka. Tuangkan 250mL susu kedelai. Blender sampai lembut. Tambahkan biji rami di dalamnya. Owen mengatakan jika minuman ini penuh zat gizi, kalium, dan lemak omega-3 dari biji rami.

Lengkap sudah paket sarapan sehat ala vegetariannya, langsung sajikan di rumah yuk, Bu.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait