@shutterstock

Pekerjaan Rumah Bantu Jantung Jadi Sehat

Meski zaman sudah semakin canggih, tetapi kasus kematian akibat serangan jantung masih banyak terjadi. Buruknya gaya hidup yang dijalani oleh masyarakat modern menjadi salah satu pemicunya. Banyak orang yang gemar berbondong-bondong menikmati beragam fast food atau junk food, tetapi hanya segelintir yang hobi berolahraga.

Melinda Ratini, DO, MS, ahli kesehatan jantung dari WebMD Foundation, menyebutkan kurang berolahraga bisa membuat jantung bekerja kurang maksimal. Bukannya membaik justru kinerja jantung semakin hari semakin buruk. Lalu, bagaimana dengan ibu rumah tangga yang benar-benar disibukkan dengan tugasnya hingga membuat mereka jarang berolahraga?

Melinda menyebutkan jika pekerjaan rumah tangga justru dapat menjadi alternatif olaharaga yang tetap bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Apa saja alasannya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Membakar kalori

Tanpa sadar mulai pagi hingga malam hari sudah banyak kalori yang terbakar dalam tubuh. Menyapu, memasak, pergi belanja, mencuci dan menyetrika merupakan serangkaian aktivitas fisik yang baik bagi tubuh. Selama melakukan pekerjaan rumah tangga lemak yang ada dalam tubuh terbakar dan berubah menjadi energi. Jangan heran bila tubuh Anda tetap langsing walau di rumah saja.

Menurunkan tekanan darah

Melinda menambahkan saat metabolisme tubuh berjalan dengan lancar semua asuapan nutrisi termasuk lemak akan diolah menjadi energi secara maksimal. Lewat bersih-bersih rumah beragam lemak dan kolesterol tubuh berhasil disingkirkan. Hasilnya, tekanan darah menjadi tetap stabil. Apalagi bila melakukannya dengan tanpa beban, Anda menjadi tidak mudah stres dan jauh dari masalah tekanan darah tinggi.

Melancarkan aliran darah

Menyapu dengan menggerakkan tangan dan kaki, mencuci baju dengan jongkok hingga naik turun tangga untuk menjemur baju di lantai atas bisa menjadi gerakan workout yang tanpa sadar telah Anda lakukan setiap hari. Kegiatan fisik ini dapat membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

Bila semua manfaat pekerjaan rumah ini digabungkan maka akan membuat jantung tetap sehat terjaga. Maka dari itu, jangan pernah berkecil hati untuk menyelesaikan pekerjaan rumah karena secara tak langsung Anda sudah menjalani hidup sehat secara teratur yang belum tentu bisa dilakukan oleh orang lain.

Share artikel ini:

Artikel Terkait