Penasaran dengan Onigiri Rasa Indonesia? Cari tahu di sini!

Onigiri merupakan hidangan dari Jepang yang terbuat dari nasi yang dikepal sehingga padat membentuk segitiga atau lingkaran. Di Jepang, onigiri bukan sekedar nasi putih kepal yang dibalut lembaran rumput laut saja, tetapi juga diisi dengan berbagai bahan pangan khas Jepang. Tentunya, yang paling umum adalah onigiri salmon dan onigiri tuna, dimana di bagian tengah nasi kepal diisi salmon atau tuna dan mayones. Walaupun onigiri asalnya dari Jepang, Ibu bisa juga membuat kreasi onigiri ala Indonesia sendiri, lho. Yuk, buat onigiri yang diisi dengan berbagai bahan pangan lokal agar rasanya lebih sesuai dengan lidah orang Indonesia.

  1. Onigiri Rendang

Nasi dihidangkan dengan rendang Sumatera. Hmm.. baru mendengarnya saja rasanya sudah lapar ya, Bu. Jika ingin membawa rendang untuk bekal makan siang, coba saja kreasikan menjadi nasi kepal alias onigiri. Caranya, siapkan nasi yang baru masak kemudian isi dengan rendang dan kepal hingga padat. Untuk memudahkan saat dimakan, jangan lupa untuk menyuir rendang terlebih dulu sebelum dimasukkan di dalam nasi ya, Bu.

  1. Onigiri Cakalang

Jika Jepang punya onigiri salmon dan onigiri tuna, maka Ibu bisa membuat onigiri cakalang yang tak kalah lezatnya. Gunakan ikan cakalang asap yang sudah disuir atau ikan cakalang suir yang dimasak pedas dan masukkan ke dalam nasi kepal buatan Ibu. Makan siang nanti pasti jadi lebih berselera.

  1. Onigiri Nasi Uduk

Jika berencana piknik di akhir pekan, yuk siapkan onigiri nasi uduk sebagai bekalnya. Ibu tinggal membuat nasi uduk seperti biasa dan siapkan lauk ayam goreng yang disuir kemudian campurkan dengan kering tempe. Isi nasi uduk dengan ayam dan tempe kemudian kepalkan. Jika ingin dilengkapi dengan telur, buat telur dadar tipis dan bungkus nasi uduk kepal tadi dengan telur dadar.

  1. Onigiri Serundeng

Di Jepang, ada beberapa jenis onigiri yang tidak diisi lauk, tetapi nasinya dicampur dengan furikake (abon jepang) atau wijen. Untuk membuat onigiri semacam ini dengan cita rasa khas Indonesia, Ibu bisa menggunakan serundeng kering. Campur saja nasi panas dengan serundeng kering kemudian kepal hingga padat.

Sebagai tips tambahan, ketika membuat onigiri Ibu sebaiknya menggunakan nasi yang masih panas agar lebih mudah dikepal hingga padat. Kemudian, agar lebih mudah, Ibu bisa menggunakan cetakan onigiri yang banyak dijual di pasaran. Jika ingin mengepal tanpa cetakan, letakkan saja nasi di tengah plastik pembungkus makanan (cling wrap) kemudian bungkus dan tekan-tekan hingga membentuk segitiga atau lingkaran yang padat. Selamat mencoba, Bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait