Pengaruh Texting Smartphone Bagi Postur Tubuh

Dalam sehari, berapa jam waktu yang Anda habiskan untuk mengetik pada smartphone? Posisi mengetik yang kurang tepat dapat memberikan dampak buruk bagi postur tubuh lho. Simak ulasan lengkapnya yuk, agar Anda lebih berhati-hati ketika mengetik pada smartphone.

 

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal Surgical Technology International menyatakan melihat ke arah bawah untuk melihat telepon dapat membuat tulang belakang Anda menahan berat hingga 30 kg. Dalam sehari, rata-rata orang menghabiskan 2-4 jam untuk mengetik menggunakan smartphone. Tanpa Anda rasakan, leher dan punggung Anda menahan beban yang sangat berat.

 

Kepala orang dewasa beratnya 5-6 kg, jadi berat inilah yang harus ditanggung tulang belakang Anda dalam posisi tubuh berdiri dengan postur sempurna. Beban akan terus bertambah jika posisi kepala yang sedikit dimiringkan atau ditundukkan. Menurut Kenneth K. Hansraj, M.D., kepala operasi tulang belakang di New York Spine Surgery & Rehabilitation Medicine mengatakan jika melakukan posisi yang kurang tepat dalam waktu yang sama, tidak hanya dapat menyebabkan rasa sakit literal di leher tapi juga pada otot, ligamen dan tendon.

 

Posisi tubuh yang baik saat mengetik atau melihat pada smartphone adalah posisi tubuh tegak, telinga sejajar dengan bahu dan tulang belikat dalam posisi netral. Letakkan ponsel tepat di depan Anda, jangan terlalu bawah karena bisa mempengaruhi posisi tubuh yang kurang tepat. Biasakan hal ini juga pada si kecil saat membaca ya, agar tulang belakangnya tidak menahan beban terlalu berat pada waktu yang cukup lama.

 

Kini, Anda harus semakin memperhatikan posisi tubuh saat sibuk mengetik atau melihat pada layar smartphone ya. Sayangi tubuh Anda dan segera hilangkan kebiasaan buruk tersebut. Sebarkan informasi ini pada orang-orang terdekat dan keluarga Anda di rumah ya. Semoga bermanfaat!

Share artikel ini:

Artikel Terkait