©shutterstock

Pengusir Nyamuk Alami dari Bebauan

“Ngung..ngung..ngung..”. Bunyi ini merupakan pertanda kalau nyamuk ada di dekat Anda. Terkadang malah tidak terdengar sama sekali. Tahu-tahu kulit jadi bentol dan terasa gatal. Nyamuk merupakan hama yang perlu dibasmi karena membawa penyakit mematikan seperti malaria, deman berdarah, kaki gajah, chikungunya, dan lain sebagainya. Maka dari itu, segera lindungi rumah Anda dengan bahan-bahan alami berikut ini.

Serai

Rempah-rempah yang satu ini ternyata dibenci nyamuk. Padahal baunya lezat sekali kalau dicampurkan dalam masakan. Anda bisa menanam serai di sekitar rumah untuk mencegah nyamuk mendekat atau menggunakan ekstrak serai yang kemudian dipercikkan ke seluruh bagian rumah. Baunya yang menenangkan akan membuat nyamuk menjauh dan keluarga terlindungi dari bahaya penyakit yang dibawa hewan kecil ini.

Lavender

Wangi bunga lavender cocok sekali untuk ditambahkan dalam air hangat. Aromanya yang segar membuat badan rileks dan pikiran jadi tenang. Namun di balik manfaatnya tersebut, ternyata nyamuk membenci tanaman ini. Tak heran banyak produk anti nyamuk yang menggunakan lavender sebagai bahan utamanya. Anda bisa mengolah tanaman ini menjadi pengharum ruangan alami. Dalam sekejap saja, nyamuk yang suka berkeliaran langsung hilang.

Rosemary

Bunga unik ini juga menjadi musuh utama nyamuk. Meskipun tidak seharum lavender, bau bunga rosemary yang menyengat justru membuat nyamuk kalang kabut. Tanaman ini bisa tumbuh hingga dua meter, namun banyak kok pedagang bunga yang menjual rosemary dalam bentuk pot kecil sehingga bisa diletakkan di dalam rumah sebagai pajangan. Selain mengusir nyamuk, rosemary juga nikmat ditambahkan dalam olahan berbeque atau hidangan yang disajikan dengan cara dipanggang. Rasanya yang nendang akan membuat mulut tidak bisa berhenti mengunyahnya.

Aroma Kulit Jeruk

Kulit jeruk memiliki aroma yang tidak kalah segarnya dengan tanaman pengusir nyamuk lainnya. Cukup potong kulit jeruk menjadi persegi panjang lalu letakkan di tempat obat nyamuk elektrik. Dalam sekejap, baunya akan menyebar dan nyamuk langsung pergi tanpa permisi.

Banyak yang bingung untuk membasmi nyamuk di rumah mereka. Namun sekarang tidak perlu khawatir lagi karena lewat bahan-bahan sederhana tadi nyamuk di rumah Anda langsung pergi sekejap. Selamat mencoba!

Share artikel ini:

Artikel Terkait