Pentingnya Karbohidrat dalam Menu Sarapan Pagi

Ibu tentu tahu bahwa kebiasaan sarapan memiliki banyak manfaat. Nah, agar manfaat yang didapat menjadi optimal, tentu Ibu perlu memastikan bahwa menu sarapan pagi yang disantap oleh Ibu dan keluarga adalah sarapan sehat, mengandung berbagai sumber zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, PERGIZI PANGAN menyebutkan bahwa salah satu syarat agar sarapan tergolong sehat adalah menu sarapan pagi tersebut harus mengandung karbohidrat. Sebenarnya, kenapa sih menu sarapan harus mengandung karbohidrat? Ini dia penjelasannya.

  1. Sumber energi

Salah satu manfaat sarapan yang paling utama adalah menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas dari pagi sampai dengan siang hari. Energi dihasilkan dari glukosa yang terdapat dalam makanan yang mengandung karbohidrat. Saat kita tidur, glukosa yang didapat dari makan malam sudah digunakan. Menu sarapan pagi yang mengandung karbohidrat akan memberi asupan glukosa sebagai sumber energi. Jika tubuh tidak mendapat asupan glukosa yang cukup di pagi hari, akibatnya tubuh kekurangan energi siap pakai dan menjadi lemas.

  1. Membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat harian

Tubuh membutuhkan asupan gizi seimbang setiap harinya. Pemenuhannya tentu saja tidak dilakukan dalam satu kali makan, tetapi dibagi menjadi 3 kali makan utama dan 2 kali selingan. Makan utama yang pertama adalah sarapan, dimana menunya perlu mencakup 15-30% kebutuhan harian. Karbohidrat termasuk ke dalam asupan gizi yang perlu dipenuhi setiap harinya. Maka, jika kita tidak menyantap makanan sumber karbohidrat saat sarapan, nantinya akan sulit untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian yang dibutuhkan tubuh.

  1. Dibutuhkan untuk proses berpikir dan konsentrasi

Karbohidrat mengandung glukosa yang menjadi sumber energi utama bagi otak. Jika tak ada karbohidrat dalam menu sarapan pagi kita, tubuh bisa kekurangan glukosa atau dikenal dengan istilah hipoglikemia. Gejalanya antara lain pusing, sulit konsentrasi, gemetar dan lelah. Hipoglikemia dapat mengakibatkan menurunnya gairah belajar, kecepatan kerja otak pada umumnya.

  1. Agar tak makan berlebihan di siang hari

Karbohidrat terbagi menjadi karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Yang termasuk ke dalam karbohidrat sederhana diantaranya adalah nasi putih dan roti tawar. Karbohidrat jenis ini cepat dicerna oleh tubuh dan cepat menghasilkan energi. Sementara karbohidrat kompleks seperti gandum, oatmeal, jagung, dan sebagainya memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga lebih lama dicerna oleh tubuh dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Dengan memilih korbohidrat kompleks untuk menu sarapan pagi, Ibu dapat mengurangi rasa lapar sehingga tidak makan berlebihan di siang hari.

Nah, ternyata penting ya menyantap pangan yang mengandung karbohidrat untuk sarapan pagi. Yuk, selalu cermat dalam memilih bahan pangan yang kita sajikan dalam menu sarapan pagi keluarga kita. Dengan begitu, Ibu dan keluarga tentu akan mendapat manfaat dari sarapan secara optimal.

Share artikel ini:

Artikel Terkait