vote

Pentingnya Melakukan Perawatan Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini

Kerutan bisa terjadi karena berbagai hal, apalagi karena kulit wajah paling terekspos dengan benda-benda asing dan polusi. Perawatan wajah sangat penting dilakukan untuk mencegah penuaan dini.

  • Rate Artikel ini

Kerutan wajah tidak hanya datang di usia senja. Kerutan bisa terjadi karena berbagai hal, apalagi karena kulit wajah paling terekspos dengan benda-benda asing dan polusi. Perawatan wajah sangat penting dilakukan untuk mencegah penuaan dini yang biasanya terjadi karena hal-hal berikut ini.

Matahari

Ekspos sinar matahari ke kulit merupakan salah satu faktor paling berpengaruh dalam proses penuaan dini. Paparan sinar matahari berlebihan ke kulit menyebabkan bintik hitam di kulit wajah, kerutan, serta berkurangnya elastisitas kulit. Menurut riset, 70 persen proses penuaan kulit tergantung dari seberapa sering kulit wajah terpapar sinar matahari. Seringkali hal ini tidak terhindari, terutama untuk Ibu yang banyak beraktifitas di luar ruangan. Karena itu, perlu melakukan perawatan wajah seperti facial atau masker secara teratur untuk mencegah penuaan dini.

Mengkonsumsi Makanan Kurang Nutrisi

Kulit wajah juga mendapat nutrisi dari makanan-makanan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan. Makanan-makanan ini juga mengandung antioksidan yang menjaga kelembapan serta mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Bila kurang mengonsumsi makanan bernutrisi, kulit wajah akan kering dan mudah berkerut. Lakukan perawatan wajah dengan rutin menggunakan pelembab untuk mengatasi hal tersebut.

Genetik

Penuaan dini juga seringkali sulit dihindari karena disebabkan oleh genetik. Bila orangtua Ibu pernah mengalami penuaan dini, bisa jadi hal tersebut akan terjadi pada Ibu juga. Agar tidak terjadi lebih parah, segera lakukan perawatan wajah untuk mencegah penuaan dini.

Stress

Stress membuat tubuh memproduksi hormon adrenaline dan cortisol yang ternyata juga berperan dalam proses penuaan dini pada wajah. Bila terlalu sering berada dalam siatuasi yang menyebabkan stres, maka proses penuaan dini pun akan terjadi lebih cepat. Perawatan wajah bisa mencegah hal tersebut, sekaligus juga membuat kulit lebih rileks dari stress sehari-hari.

Kurang Tidur

Saat tidur, kelenjar hipofisis di otak menghasilkan hormon pertumbuhan yang mengganti jaringan kulit. Kurang tidur menyebabkan hormon ini tidak bekerja, sehingga kulit tampak kusam dan tua. Cukup tidur juga merupakan salah satu bentuk perawatan wajah.

Artikel Terkait

Terbaru