Pentingnya Mengonsumsi Susu Untuk Tunjang Stamina Pasca Berolahraga

Setelah berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat, tentu Ibu akan mencari sesuatu untuk menyegarkan kembali tubuh. Yang paling umum dicari biasanya adalah minuman berenergi yang mengandung elektrolit dan isotonik, namun ternyata para ahli memiliki pandangan yang berbeda.

Professor Alice Roberts yang memimpin studi dengan para peneliti dari University of Birmingham, Inggris, menemukan bahwa susu adalah minuman terbaik untuk menjaga kembali keseimbangan cairan tubuh setelah aktif berolahraga. Dibandingkan dengan air putih dan minuman berenergi pada umumnya, susu akan diserap tubuh secara perlahan dan akan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh lebih banyak, seperti elektrolit, sodium maupun potassium.

Selain itu, ada juga anggapan bahwa jika terlalu sering minum susu akan membuat berat badan Ibu naik. Namun ternyata studi dari University of Copenhagen yang dilansir situs Telegraph menunjukkan bahwa tidak ada hasil signifikan yang menunjukkan perbedaan berat badan pada orang yang rutin minum susu setelah berolahraga dengan yang tidak. Jadi tak perlu khawatir ya Bu, minum susu setelah berolahraga tidak akan membuat berat badan Ibu naik. Namun, lain persoalannya jika Ibu mengonsumsi produk olahan susu seperti keju yang dijadikan kue (cheesecake) sebagai camilan, tentu ini akan menambah asupan kalori ke dalam tubuh yang menyebabkan berat badan naik.

Masih banyak keuntungan lain dari minum susu setelah berolahraga, seperti yang dinyatakan oleh studi yang dilakukan Stuart M. Phillips, Ph.D, dari Department of Kinesiology-Exercise Metabolism Research Group, minum susu setelah berolahraga juga membantu menurunkan massa lemak tubuh. Hal ini dikarenakan penyerapan zat gizi lebih maksimal pasca berolahraga, sehingga tubuh tidak akan menyimpannya sebagai lemak cadangan.

Tak hanya menggantikan cairan tubuh yang keluar lewat keringat selama berolahraga, ternyata susu juga bisa melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jason Karp, MS, peneliti dari International Journal of Sport Nutrition & Exercise Metabolism mengungkapkan bahwa Ibu tak boleh langsung mengonsumsi makanan berat setelah berolahraga, oleh karena itu minum susu adalah solusi pilihan yang tepat. Susu kaya akan kandungan zat gizi seperti kalsium, potassium, iodine, protein, phosphorus dan vitam B2 hingga B12 yang penting untuk metabolisme tubuh serta karbohidrat baik untuk otot.

Share artikel ini:

Artikel Terkait