vote

Pentingnya Pemeriksaan Kolesterol untuk Mencegah Penyakit Berbahaya

Penyakit-penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke dan diabetes seringkali disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah. Bila kadar kolesterol dalam tubuh sudah terlalu tinggi, mengakibatkan tubuh rentan terhadap penyakit.

  • Rate Artikel ini

Penyakit-penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke dan diabetes seringkali disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi beberapa jenis hormon dan vitamin D. Namun jumlah yang dibutuhkan tidak banyak. Bila kadar kolesterol dalam tubuh sudah terlalu tinggi, mengakibatkan tubuh rentan terhadap penyakit.

Kolesterol kategori LDL merupakan jenis kolesterol yang buruk untuk tubuh. Saat kadarnya berlebih dari yang dibutuhkan oleh tubuh, kolesterol akan menempel di dinding-dinding pembuluh darah, menghambat aliran darah ke seluruh tubuh. Pada akhirnya, hal ini bisa jadi pemicu terjadinya serangan jantung atau stroke.

Karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan kolesterol secara berkala agar dapat mencegah kolesterol tinggi dalam tubuh, sehingga terhindar dari penyakit-penyakit yang disebutkan di atas. Apalagi, tingginya kadar kolesterol dalam tubuh tidak ditunjukkan dalam gejala apapun. Yang harus dilakukan untuk mengetahui apakah tubuh sudah mengandung terlalu banyak kalori adalah dengan melakukan pemeriksaan darah.

The American Heart Association merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol setiap lima tahun sekali setelah menginjak usia 20. Bila kadar kolesterol dalam tubuh sudah cukup tinggi (biasanya di atas 200 mg dL), maka dianjurkan untuk mengkonsumsi obat penurun kolesterol atau diet makanan yang mengandung rendah kolesterol untuk mencegah kolesterol tinggi. Setelah ini, biasanya dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol setiap tiga bulan sekali, untuk melihat apakah ada perubahan.

Mencegah kolesterol agar tidak semakin tinggi bisa dilakukan dengan beragam hal, antara lain mengurangi konsumsi makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan lemak jenuh, olahraga teratur, serta menghindari rokok dan alkohol. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat memang cara yang paling tepat untuk mencegah kolesterol agar tidak menjadi penyakit di dalam tubuh.

Artikel Terkait

Terbaru