@shutterstock

Peredaran Darah Lancar Berkat Olaharaga

Hakikat dan manfaat olahraga yang dilakukan secara teratur adalah untuk menunjang kesehatan tubuh. Kegiatan fisik ini dapat membantu otot tubuh lebih aktif bergerak, sehingga bisa membantu kinerja organ tubuh menjadi lebih maksimal secara tak langsung. Salah satu organ tubuh yang paling besar menerima manfaat dari olahraga ini adalah jantung. Saat olahraga, jantung akan berdetak lebih kencang. Peredaran darah menjadi lebih lancar dan akhirnya tubuh menjadi bugar.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Berikut ulasan lengkapnya.

Adanya dua jenis kolesterol
Di dalam tubuh terdapat dua macam kolesterol yang ada dalam darah. Kolesterol ini dikenal sebagai lipoprotein. Low Density Lipoprotein (LDL) menjadi jenis kolesterol jahat atau yang memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan. Jika terlalu banyak, LDL dapat menyumbang pembuluh darah arteri dan menyebabkan aliran darah menjadi tak lancar hingga tersumbat.

Sebaliknya, ada kolesterol yang baik atau berguna bagi tubuh. Kolesterol ini dinamakan sebagai High Density Lipoprotein (HDL). Dikatakan baik karena kolesterol ini sangat sedikit memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung. Hal ini sesuai dengan pernyataan National Heart Lung and Blood Institute yang mengatakan kadar kolesterol LDL dikatakan tinggi jika berada dalam kisaran 160-189 mg/dL. Sedangkan HDL dikatakan rendah bilamana berada pada kisaran 40 mg/dL.

Olahraga teratur
Lewat olahraga yang teratur tubuh lebih banyak memproduksi HDL. Bukan hanya itu saja, olaharaga juga akan membantu mengurangi jumlah lemak yang lain seperti trigliserida. Aktiviats fisik ini akan membantu mengurangi jumlah plak yang diakibatkan oleh beberapa kolesterol jahat dan menempel dalam dinding arteri. Kemudian, plak-plak ini akan hanyut dalam pembuluh darah dan di bawa menuju  hati. Di dalam hati plak-plak ini akan dinetralkan dan dibuang sebagai sisa metabolisme, baik dalam bentuk keringat maupun buang air seni usai berolahraga. Demiian yang disampaikan oleh Dr. Harvey Simon, praktisi kesehatan sekaligus kepala editor di Harvard Men’s Health Watch.

Itu dia alasan yang membuat olahraga memiliki peran yang penting dalam melancarkan peredaran darah. Proses yang begitu panjang terjadi dalam tubuh hanya dengan rutin berjalan kaki, joging, berlari, renang atau mungkin bersepeda. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi, jika Anda malas berolahraga? Plak-plak kolesterol akan menumpuk dan menyumbat pembuluh darah. Walhasil, mau tidak mau di usia yang masih cukup produktif harus kalah dengan penyakit jantung. Jadi, biar tubuh tetap sehat dan bisa panjang usia, yuk segera ajak si kecil dan keluarga olaharaga bersama-sama.

Share artikel ini:

Artikel Terkait