©shutterstock

Pertahankan Mata Cemerlang Si Kecil Lewat Asupan Sehat

Mata adalah salah satu organ terpenting yang haru dijaga kesehatannya sejak dini. Pasalnya, jika mata bermasalah akan mengganggu proses belajar dan berbagai aktivitasnya. Intip sumber makanan kaya vitamin yang menyehatkan mata berikut ini, yuk!

Bayam dan kale
Kedua sayuran berwarna hijau tua ini kaya akan antioksidan yang mampu melindungi mata dari sinar matahari, asap rokok dan polusi udara. Selain itu,  sayuran berdaun ini sarat dengan dua nutrisi terbaik untk mata yaitu, lutein dan zeaxanthin. Elizabeth J. Johnson, PhD mengatakan kedua zat tersebut masuk ke lensa dan retina untuk menyerap cahaya tanpa merusaknya.

Grapefruit dan stroberi
Buah-buahan ini adalah sumber vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh, salah satunya jaringan pada mata. Dengan konsumsi secara rutin, mata si kecil akan terhindar dari risiko kerusakan mata dini.

Wortel, labu dan ubi jalar
Sumber makanan berwarna oranye ini merupakan sumber vitamin A dan beta karoten yang membantu mencegah rabun senja dan risiko kerusakan mata lainnya. Sajikan semangkuk sup wortel di pagi hari untuk menjaga kesehatan matanya saat belajar di sekolah ya.

Selalu jaga kesehatan mata si kecil dengan memberikan asupan makanan yang tepat ya. Selain itu, pastikan si kecil memiliki kebiasaan membaca yang baik yaitu dengan posisi tubuh yang tegak agar mata dapat bekerja dengan baik. Semoga menginspirasi.

Share artikel ini:

Artikel Terkait