©shutterstock

Pilihan Buah Segar Penunjang Sarapan

Sarapan adalah awal yang baik untuk memulai hari. Tidak hanya menyediakan tenaga, konsumsi makanan sehat dan bernutrisi dapat mengisi perut hingga siang hari, sehingga meredam nafsu mengudap atau makan siang yang berlebihan.

Supaya gizi makin lengkap, yuk tunjang dengan sajian buah segar berikut ini.

Apel

Daging buahnya yang renyah dan mempunyai rasa asam manis yang segar, membuat apel banyak digemari. Secangkir irisan apel bersama kulitnya memberikan 3 gram serat. Situs Livestrong menyarankan konsumsi minimal 25 gram untuk perempuan dan 38 gram serat per hari untuk pria. Hal ini juga ditekankan oleh Institute of Medicine, organisasi kesehatan nirlaba di Amerika Serikat, yang menyatakan manfaat serat untuk menjaga saluran pencernaan, meningkatkan kesehatan usus, dan membantu menurunkan kolesterol. Selain itu juga baik untuk diet karena membuat perut kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan.

Anggur

Sering digunakan untuk kudapan, diolah menjadi smoothie, dan salad, anggur juga bagus dikonsumsi langsung saat sarapan. Mengonsumsi anggur merah menyediakan antioksidan bagi tubuh, zat yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Situs Livestrong, penyedia informasi kesehatan dan kebugaran di Amerika Serikat, memuat penelitian yang diterbitkan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine di Juli 2013, yang mengungkapkan anggur merah dapat mencegah kerusakan oksidatif karena mengandung antioksidan dan antiglikasi, yang dapat menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Pisang

Pisang terkenal sebagai sumber kalium yang penting bagi kerja sistem saraf dan otot. Kekurangan mineral ini dapat membuat badan lebih cepat lelah dan lemah, seperti yang dilansir situs Livestrong. Satu pisang berukuran sedang memiliki 450 mg kalium atau sekitar 10% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Jika ingin memulai hari dengan berolahraga, konsumsi pisang sebelum maupun sesudah latihan fisik tidak hanya memberikan cukup energi, tapi juga mencegah kram dan mudah lelah.

Jeruk

Selain tinggi vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, situs Livestrong menyatakan jeruk kaya gula alami, yang mudah dimetabolisme menjadi energi. Setiap cangkir jeruk menawarkan 24,1 gram total karbohidrat dengan 16,9 gram berasal dari gula sederhana. Jenis karbohidrat ini menjadi bahan bakar otot dan memberikan tenaga yang dibutuhkan untuk menjaga laju metabolisme, mengontrol suhu tubuh, dan mendukung fungsi otak.

Tunjang menu sehat sarapan sehari-hari dengan beberapa buah segar ini ya, Ibu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait