©shutterstock

Pilihan Sarapan Sehat Bebas Gorengan

Hayo siapa yang gemar sarapan gorengan? Makanan yang diolah dengan cara digoreng biasanya memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang cukup tinggi. Apalagi kalau minyak yang dipakai tidak higienis. Bisa-bisa bukannya sehat, tubuh malah melar. Oleh karena itu, yuk pilih aneka sarapan sehat bebas gorengan berikut ini.

Oatmeal

Belakangan oatmeal sedang populer dikalangan penggiat diet sehat. Menu sarapan yang satu ini memang kaya serat dan asam lemak omega-3 yang bagus untuk kesehatan. Menurut Erica Giovanizzo, MS, RD, seorang ahli gizi dari Clay Health Club, New York, kandungan serat dan mineral dalam oatmeal yang dikonsumsi secara teratur akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Supaya lebih nikmat, Anda bisa menambahkan potongan buah segar, madu, dan kacang-kacangan.

Raspberry

Sarapan secangkir raspberry segar akan membuat perut kenyang meskipun belum menyantap nasi. Dalam satu cangkir raspberry terdapat 8 gram serat yang juga membantu menurunkan berat badan  hingga 4.5 pon, seperti yang dikemukakan oleh para ilmuwan dalam studi terbaru di Journal of Nutrition. Kalau Anda bosan menyantapnya secara langusung, bisa lho diubah menjadi smoothies segar. Tidak perlu menambahkan gula atau pemanis lainnya karena rasanya sudah cukup menghibur lidah.

Yoghurt

Yoghurt di pagi hari akan membuat perut kenyang hingga waktu makan berikutnya lho. Menurut laporan yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, yoghurt mengandung protein alami susu yang akan membuat perut tetap terasa penuh meskipun hanya menyantap secangkir yoghurt. Makanan ini juga membantu menurunkan berat badan hingga 42 persen dan meningkatkan masa otot. Pilihlah varian plain yoghurt atau geek yoghurt sebagai menu sarapan dan tambahkan potongan buah segar untuk membuatnya semakin  lezat.

Sarapan sehat adalah yang bebas lemak dan kolesterol jahat serta mencukupi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. Sesuaikan porsinya supaya badan tetap bisa beraktivitas dengan lancar dan tidak mudah terserang kantuk. Ngomong-ngomong, apa menu sarapan hari ini?

Share artikel ini:

Artikel Terkait