Post Injury Exercise

Jangan biarkan tubuh tak bergerak setelah cedera. Inilah panduan untuk memulai rutinitas olahraga kita kembali.


Cedera lutut saat berlari, atau cedera punggung karena kesalahan saat mengangkat beban bisa membuat kita absen berolahraga hingga 3 bulan lamanya. Karena itu, tak jarang kita menjadi terlalu malas untuk mulai kembali bergerak. Alasannya, tubuh masih terlalu sakit. Padahal, ada cara yang tepat untuk mulai mengaktifkan tubuh kembali. Dengan demikian, kita tak membiarkan kalori berlebih menumpuk di tubuh lebih lama hanya karena cedera yang mendera.


Langkah 1: Seek Out Your Doctor

Jika cedera terlalu berat, jangan pernah memulai olahraga sendirian. Pastikan kita juga mendapat izin serta arahan dari dokter atau terapis untuk melakukannya. Sebab, olahraga yang tak pada tempatnya justru bisa memperburuk kondisi cedera yang dialami.

Untuk hasil lebih maksimal, tanyakan pada dokter contoh dan jenis olahraga yang bisa kita lakukan. Ini bisa meringankan kita kembali melakukan aktivitas fisik untuk masa mendatang.

Langkah 2: Do Stretching

Jangan lupa memasukkan latihan ini sebelum berolahraga. Fokuskan stretching pada area tubuh rentan cedera. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine mengatakan peregangan bisa  mencegah terjadi beberapa jenis cedera, termasuk di dalamnya  cedera otot, ligamen, dan tendon.


Langkah 3: Do It Slowly

Terlalu memaksakan tubuh melakukan aktivitas yang sama beratnya seperti sebelum cedera hanya akan membawa efek yang buruk. Mulailah latihan dengan perlahan-lahan. Misal, jika sebelumnya merupakan pelari jarak jauh, mulailah kembali aktivitas kita dengan jarak yang lebih pendek. Lakukan pula dengan kecepatan yang lebih lambat hingga kita merasa nyaman.


Langkah 4: Increase Your Activity Level

Saat cedera mulai sembuh dan kita merasa lebih kuat, tak ada salahnya mulai meningkatkan intensitas dan level olahraga. Jika saat berolahraga kita mulai merasakan sakit, cobalah untuk memberikan kompresan es pada area yang cedera. Lalu, jangan paksakan diri berolahraga. Istirahatlah selama 1-2 hari. Perlu diingat untuk tidak melatih dahulu otot atau area tubuh yang cedera untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah.


Apabila kita merasakan sakit yang tak bisa lagi ditanggulangi, segeralah mengontak dokter atau terapis. Hal ini bisa jadi pertanda bahwa sebetulnya cedera kita belum sembuh sepenuhnya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait