@shutterstock

Ragam Jajanan Tinggi Gula

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa jajanan super enak seperti roti, sereal dan kentang merupakan makanan tinggi gula. Kok bisa ya? Sebuah situs resmi bernama Glycemic Index yang dikembangkan oleh University of Sydney menggunakan skala 0 hingga 100 untuk menentukan tingkat indeks glikemik dari sebuah makanan.

Sebelumnya, indeks  glikemik adalah sebuah sistem peringkat makanan yang membagi makanan dengan indeks glikemik tinggi dan rendah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah makanan cepat diproses oleh tubuh yang mengakibatkan kadar gula darah langsung melonjak naik. Sebaliknya, makanan dengan indeks glikemik rendah adalah makanan yang lama diproses oleh tubuh sehingga tidak menyebabkan kadar gula naik.

Situs Glycemic Index menentukan jika makanan dengan skala lebih dari 70 termasuk makanan dengan indeks glikemik tinggi. Nah, berikut ini adalah beberapa macam jajanan super enak, dan mari lihat berapa skala indeks glikemiknya.

Roti
Roti adalah sumber makanan yang kaya akan karbohidrat. Jika telah berhubungan dengan karbohidrat, pastilah makanan ini kaya akan glukosa juga. Roti putih memiliki indeks glikemik 71 yang berarti termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik tinggi. Jika ingin menikmati roti, lebih baik pilih roti gandum yang kaya serat sehingga bisa menghambat penyerapan gula dalam darah. Roti gandum merupakan roti dengan indeks glikemik rendah.

Sereal
Kebanyakan sereal, khususnya cornflakes adalah makanan dengan indeks glikemik tinggi. Secara umum skala indeks glikemiknya mencapai 71 hingga 74. Jika ingin menyantap sereal rendah gula, Anda bisa mencoba oatmeal yang kaya serat dan rendah indeks glikemiknya.

Buah-buahan
Semangka adalah camilan favorit anak-anak dengan indeks glikemik tertinggi pada buah, yaitu 72. Untuk menikmati camilan buah yang aman bagi gula darah Anda, mungkin pisang bisa Anda coba karena hanya memiliki skala 30. Namun, Anda harus berhati-hati dalam pemilihan pisang. Karena, pisang yang terlalu matang memiliki skala indeks glikemik mencapai 70.

Kentang
Meskipun tidak memiliki rasa yang manis, kentang panggang memiliki indeks glikemik 85 lho. Yang lebih mengejutkan lagi adalah mashed potatoes yang memiliki indeks glikemik mencapai 92. Sepertinya, Anda harus menjauhkan kentang dalam menu diet sehat sehari-hari ya.

Selalu jaga kadar gula tetap normal dengan pola makan yang tepat dan menu diet yang sehat. Jangan tergiur dengan makanan manis, ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait