@shutterstock

Ragam Jajanan Tradisional Sehat Untuk Si Kecil

Indoensia punya segudang keunikan yang menarik untuk ditelusuri, salah satunya adalah jajanan tradisional. Setiap kota, tempat, dan daerah memiliki makanan khasnya masing-masing sehingga menimbulkan keanekaragaman yang harmonis. Nah, berikut ini ada ragam jajanan pasar yang sehat dan super lezat. Simak ya!

Klepon

Hijau, bulat, dan bertabur kelapa. Itulah tiga kata yang pas untuk menggambarkan snack yang satu ini. Tapi tunggu dulu, di balik tampilannya yang sederhana klepon punya rahasia lho. Saat Anda menggigitnya, lelehan gula merah di dalamnya akan muncrat dan memberikan sensasi legit dalam mulut. Hmm.. so yummy! Namun, karena dalam sehari Anda hanya boleh mengonsumsi 10 sendok gula atau sekitar 25 gram, makannya jangan berlebihan ya.

Onde-onde

Onde-onde sangat terkenal sebagai oleh-oleh khas Mojokerto, Jawa Timur. Bentuknya bulat, dibalut dengan biji wijen. Dalam makanan ini ada isian berupa kacang merah atau kacang hijau yang legit. Paling enak disantap saat masih hangat karena kulitnya terasa lebih crunchy. Saat ini meskipun banyak makanan barat yang menjamur, onde-onde tetap menjadi ikon jajanan pasar yang lezat dan menggugah selera. Terbuat dari 100 gram tepung terigu, melahap dua buah jajanan ini akan membuat perut kenyang hingga jam makan selanjutnya.

Nagasari

Sama dengan onde-onde, jajanan ini juga terbuat dari tepung beras yang dicampur santan. Di dalamnya diisi sepotong pisang yang menambah cita rasa. Beberapa orang suka menyantap nagasari sebagai menu sarapan karena mengenyangkan. Ingin mencobanya juga? Selalu sediakan 2 bungkus kue nagasari dan 100 gram buah pisang untuk membangkitkan energi di pagi hari.

Putu

Aroma pandan dan bunyi siulan menjadi trademark makanan yang satu ini. Di hari yang dingin, seporsi putu yang baru matang akan membuat badan kembali hangat dan perut jadi kenyang. Kombinasi tepung beras, gula merah, dam taburan kelapanya akan memberikan sensasi rasa yang nendang di lidah.

Menarik ya? Mana nih yang jadi favorit Anda? Semoga informasinya bermanfaat, Bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait