@shutterstock

Ragam Minuman Buah Pendukung Hidup Sehat

Setiap orang pasti menginginkan kondisi badan yng sehat untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Tujuan tersebut bisa dicapai dengan berolahraga secara teratur serta mempunyai pola makan yang baik. Salah satu bahan makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari adalah buah-buahan.

Selain dimakan langsung, buah-buahan dapat divariasikan menjadi beberapa jenis minuman yang menyehatkan, seperti smoothie dan es buah. Yuk simak variasi minuman sehat dan menyegarkan lainnya yang bisa diminum selama diet.

Infused Water

Walau air putih hampir selalu menjadi pilihan minuman terbaik, kebanyakan orang mengeluh bosan karena rasanya yang tawar. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membuat infused water yang juga menunjang proses penurunan berat badan. Cukup menambahkan irisan buah-buahan atau rempah-rempah ke dalam sebotol air, lalu dinginkan semalaman dalam lemari pendingin. Kombinasi yang bisa digunakan pun tidak terbatas. Buah-buahan berjenis berry akan lebih mudah memberikan sarinya ketimbang yang berjenis sitrus. Selain baik untuk diet, infused water bisa dijadikan sumber vitamin C yang cukup baik dan menyegarkan tubuh. Tapi ingat ya, hanya perlu irisan buah segar dan tidak membutuhkan penambahan gula, pengawet, atau perasa lainnya yang mengandung tambahan kalori bagi tubuh.

Jus Buah

Walau sama-sama dijadikan minuman yang dapat membantu tubuh menurunkan berat badan, jus buah punya beberapa keuntungan ketimbang smoothie. Jus buah punya kandungan gula yang lebih sedikit karena kandungan serat lebih minimal dan menyisakan sari yang kaya akan vitamin dan mineral. Segelas jus di pagi hari dapat menjadi cara yang tepat bagi orang-orang yang memiliki masalah pencernaan dalam penyerapan nutrisi. Untuk menurunkan berat badan dengan lebih efektif, kombinasikan buah-buahan dan sayur-sayuran dalam jus, serta tinggalkan gula, maupun pemanis buatan lain yang akan memberikan tambahan kalori bagi tubuh.

Green Tea Rasa Buah

Teh adalah minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah air, menurut University of Maryland Medical Center. Teh hijau, khususnya adalah tambahan baik untuk diet karena membantu memerangi lemak, mengurangi risiko kanker, dan menurunkan kadar kolesterol. Agar rasanya yang pahit tidak menghalangi Anda untuk memasukkannya dalam menu sehari-hari, campur dengan buah-buahan yang sekaligus dapat meningkatkan nutrisi di dalamnya. Tambahkan perasan jeruk lemon atau irisan jeruk untuk memberikan rasa segar dan asam dalam teh hijau. Bisa juga memasukkan strawberry, blackberry, semangka, melon, dan peach untuk tambahan rasa manis alami, tanpa penambahan gula atau pemanis buatan.

Cukup mudah lho membuat aneka minuman berbasis buah-buahan untuk menu diet Anda. Selamat mencoba ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait