Ragam Permainan Tradisional Pembakar Energi

Bu, tahukah anda antara masukan energi (makanan) dan keluaran energi (aktifitas) harus seimbang. Kenapa?

Karena, jika tidak seimbang dapat mempengaruhi berat badan anak. Bila masukan energi lebih besar dibanding keluaran energi, berat badan akan bertambah, demikian pula sebaliknya. Untuk menurunkan berat badan dapat diatur dengan nutrisi seimbang (memadai) dan aktivitas fisik yang teratur.

Anak-anak sekarang ini memang lebih menyukai permainan yang tidak membutuhkan gerak fisik, seperti bermain video game, bermain komputer dan berbagai macam gadget. Kegiatan pasif ini dapat menyebabkan berat badan anak bertambah karena masukan energi tidak diimbangi dengan keluaran energi yang sama. Untuk mengatasinya, bisa mengajak anak bermain permainan tradisional.

Permainan tradisional zaman dulu dinilai lebih baik untuk anak-anak, sebab permainan ini lebih menuntut anak untuk bergerak aktif. Beberapa ahli mengungkapkan, aktifitas fisik dapat membakar energi bila dilakukan secara teratur lima kali seminggu, minimal satu jam. Contoh permainan yang banyak mengeluarkan energi ialah jalan cepat, lompat tali, lempar-tangkap dan tendang bola, kayuh sepeda, kejar-kejaran, petak-umpet, galasin, engkle dan masih banyak lagi.

Selain lebih banyak menuntut anak untuk bergerak, permainan tradisional juga akan mednorong si kecil untuk berlari dan melompat. Aktivitas ini merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus sarana bersosialisasi yang cukup baik dengan teman sepermainan. Hal ini akan sangat baik untuk melatih jiwa sosial sang buah hati.

Pola makan seimbang dan olahraga yang cukup merupakan faktor yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Oleh sebab itu, Anda harus selalu memantau kegiatan anak-anak. Jangan sampai energi yang dikeluarkan tidak seimbang dengan energi yang masuk, karena akan mengakibatkan kegemukan. Batasi kegiatan pasif anak seperti bermain video game, dan kenalkan kembali anak dengan permainan tradisional yang pastinya lebih baik untuk tumbuh kembangnya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait